Refleksi akhir tahun

Waktu itu bagaikan pedang, yang jika kita lengah maka dia akan melukai kita, atau mungkin kita juga pernah mendengar kalau waktu itu adalah uang, yang setiap menitnya sangat berharga. Sekarang, dipenghujung tahun 2009 ini, sudahkah kita menanyakan kepada diri, sudah bijakkah kita dalam menggunakan waktu? Sudahkah kita menggunakan waktu dengan baik untuk pencapaian pribadi? Atau melakukan hal-hal lain yang bermanfaat bagi orang lain?

Saat ini dunia sedang disibukkan dengan isu pemanasan global, perubahan iklim, dan bagaimana kita dituntut untuk berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan dunia.  Pemimpin Negara bertemu di Conpenhagen untuk membicarakannya. Hampir semua Negara dituntut untuk melakukan upaya perbaikan terhadap lingkungan.  Semuanya merasakan isu ini sangat penting dan harus segera ditanggapi dan dicarikan solusi.  Pertanyaannya, kemana saja semua pemimpin dan penduduk dunia selama ini? Kenapa kesadaran tersebut baru muncul sekarang? Kenapa semua orang baru berteriak setelah banyak terjadi bencana, melelehnya es di kutub utara, semakin meningkatnya panas di bumi, dan juga tingginya permukaan laut, kenapa baru sekarang?

Tentu kita tidak menginginkan hal yang sama terjadi pada diri kita.  Dimana segala kehancuran dan kegagalan telah terjadi dan baru kita menyadari bahwa waktu itu penting, dan menyesali kalau selama ini kita belum menggunakan waktu dengan bijak.  Saya termasuk pada orang dikategori ini. Banyak hal yang terjadi dalam hidup, dan segala sesuatunya berjalan tidak seperti yang diharapkan. Saya larut dalam kegagalan. Dan menghabiskan waktu dengan penyesalan. Sampai suatu saat saya menyadari bahwa saya lebih memperburuk keadaan ketika membiarkan waktu berlalu begitu saja, tanpa makna, tanpa arti.  Sekarang saya menyadari, jika dalam hidup, saya gagal dengan capaian pribadi, tapi sebenarnya saya bisa melakukan banyak hal untuk orang lain, sehingga orang lain tidak perlu menjadi gagal seperti saya dan terpuruk di dalam duka.  Saya bisa melakukan perubahan untuk orang lain, untuk dunia, dan ternyata ketika menyadari itu semua, saya jadi merasa hidup ini menjadi lebih sedikit bermakna.  Tidak ada sesuatu yang sia-sia di dunia ini.  Sekarang saya berharap saya bisa mengembalikan waktu-waktu dulu yang berlalu tanpa makna, dan mengubahnya menjadi sesuatu yang bermakna. Tapi saya tahu itu tak mungkin. Namun saya bisa memastikan kalau tahun baru nanti, akan lebih bermakna dan bermanfaat.

Sebelum membuat resolusi tahun baru, hal pertama yang harus kita lakukan adalah merefleksikan capaian kita di tahun ini.  Dari refleksi tersebut kita akan menyadari apa yang menjadi kelemahan kita dan juga yang menjadi kekurangan kita.  Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa membantu kita dalam melakukan refleksi akhir tahun 2009 ini:

1. Apa yang telah saya pelajari? (keterampilan, pengetahuan, kesadaran, dll)
2. Apa yang telah saya capai? (Daftar keberhasilan dan prestasi saya).
3. Apa yang seharusnya saya lakukan dengan cara berbeda? Mengapa?
4. Apa yang telah saya selesaikan? Apa yang masih terasa tidak lengkap?
5. Apa peristiwa yang paling signifikan dari tahun lalu? Sebutkan min 3.
6. Apa yang sudah saya lakukan dengan benar?
7. Apa hal menyenangkan yang saya lakukan?
8. Apa yang saya tantangan terbesar / hambatan / kesulitan?
9. Bagaimana aku tahun ini berbeda dari tahun lalu?
10. Hal apa yang membuat saya benar-benar merasa bersyukur?

Silahkan menjawab pertanyaan diatas.  Saya sendiri juga tengah berupaya menjawab pertanyaan tersebut.  Merenungkannya, meresapi, dan memikirkan perubahan apa yang saya harapkan ditahun baru nanti.  Hanya kita yang bisa merubah nasib dan juga diri kita. Dan oleh karena itu, kita harus meluangkan waktu untuk diri kita sendiri.

Leave a Reply

