Penginapan di Jogja dan Boyolali

Saya agak sedikit kaget mendapati pelayanan yang super spesial dari salah satu penginapan di Boyolali tempat saya menginap. Ini kali kedua saya menginap disini. Pada pengalaman pertama saya tidak mendapatkan pelayanan spesial. Ketika itu saya menginap di kamar yang sempit (ekonomi AC), dan juga sedikit pengap. Kali kedua ini saya dibantu oleh seorang teman untuk memesankan kamar di hotel ini. Ketika saya masuk, saya sedikit lega mendapati kamarnya yang luas, ada TV, kamar mandinya bersih, ada jendela, dan yang membuat saya suprise ada welcome fruit-nya. Ada jeruk dan buah apel dan dua botol aqua. Saya juga mendapati pelayan hotel yang tersenyum super ramah dan bertindak sangat sopan. Awalnya saya mengira mungkin karena ini awal tahun dan hotelnya sedang melakukan perubahan dalam hal manajemen dan juga pelayanan.

Akhirnya seluruh misteri pelayanan spesial baru terjawab ketika saya membayar kamar hotel keesokan harinya. Ternyata kamar yang saya tempati adalah kamar yang paling bagus di hotel tersebut. Kamar executive. Syukurlah harganya tidak begitu mahal; hanya 253 ribu rupiah. Katanya hotel ini adalah hotel yang terbaik di Boyolali, jika anda kebetulan menginap di boyolali sebaiknya mencoba untuk menginap disini. Nama hotelnya adalah pondok Indah di jalan merapi 27 Boyolali. Harga kamar mulai dari 110 ribu sampai dengan 253 ribu, harga tersebut sudah termasuk sarapan pagi. Menu sarapan paginya cukup komplit (prasmanan) dan rasanya lumayan enak. No telfon yang bisa dihubungi adalah: 0276- 321497/ 321591

Sedangkan jika anda kebetulan menginap di Jogja, dengan keluarga, atau bersama dengan teman-teman, anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menginap di hotel Hotel Wonoto Sastro (Room 101), harga kamarnya adalah 308.000. Kamar ini terdiri dari kamar tidur dengan kasur ukuran King Size, dapur, kulkas, AC, TV, Kamar mandi dengan bak mandi dan air panas, meja serta kursi lengkap. Kamar juga dilengkapi dengan balkon kecil dengan 2 kursi menghadap ke kolam renang. Menurut saya harga yang dibayarkan sebanding dengan fasilitas yang didapatkan. Mungkin hotel ini tidak terlalu murah jika dibandingkan dengan hotel-hotel back-packer di Malioboro. Namun hotel ini patut dicoba sebagai alternatif tempat menginap di jogja. Alamat hotel ini adalah: Jl laksda adi sucipto 21 A, Yogyakarta, telp: 074-485272.

Pengalaman saya menginap disini cukup menyenangkan. Suasananya adalah suasana rumah bukan hotel. Menyenangkan untuk memiliki ruang dengan meja makan dan juga dapur. Jika saya kembali ke jogja, saya akan mempertimbangkan untuk balik ke penginapan. Tetapi ingat nomor kamarnya adalah 101, karena tidak semua kamar memiliki ukuran luas dan memiliki pemandangan bagus seperti kamar ini.

Saya bukanlah pecinta kuliner. Biasanya saya akan selalu memesan menu makanan yang sama kemanapun saya pergi. Salah satu makanan kegemaran saya adalah pecel lele dan pecel ayam. Saya akan selalu makan dengan lahap jika ada pecel lele dengan sambal terasi. Ketika saya di Jogja teman saya mengajak untuk makan ke “waroeng spesial sambal “SS” Pedas abis. disini kita makan lesehan. Ternyata warung yang terlihat sederhana ini punya beragam makanan, dan sambal adalah menu andalannya. Diantara sambal yang mereka tawarkan adalah: Sambal belut, sambal teri, sambal tempe, sambal terasi segar, sambal terasi matang, terasi tomat segar, dsb. Sedangkan untuk menu utamanya kita bisa memesan ayam goreng, udang goreng, lele goreng, bawal goreng atau bakar, tempe goreng, lalapan, cah kangkung, dan banyak menu lainnya. Yang menarik dari warung ini adalah tulisan besar yang ditempel di dinding yang mengatakan jika anda tidak puas karena menunya keasinan, gorong, tidak enak, dsb, bisa melaporkan untuk diganti dengan yang baru. Saya dan teman saya penasaran untuk segera menyipi menunya. Menu datang tanpa harus menunggu lama. Satu rekor yang luar biasa. Dan ternyata semua menu yang kita pesan sempurna enaknya. tidak ada cela. kita berusaha mencari kelemahan namun tidak menemukan satu cacat pada menu yang dihidangkan. Kita sangat puas dengan masakannya. Ketika meninggalkan warung makan itu saya ke pemilik tokonya kalau sambalnya benar-benar mantap, dan harga makanannya sangat murah.

3 thoughts on “Penginapan di Jogja dan Boyolali

Leave a Reply

