Never give up on your dreams

If you give a person the opportunity to shine, they will shine. Kita semua memiliki bakat terpendam. Kita semua mempunyai mimpi. Kita juga memiliki keraguan. Apapun mimpi anda, apakah menjadi dokter, menjadi penyanyi, menjadi pekerja kemanusian, menjadi pemadam kebakaran, menjadi pilot, atau ingin menjadi orang yang sederhana tetapi bahagia. Jangan pernah menyerah. Percayalah anda akan mencapai semua itu.

Saya memiliki beberapa kenalan disekeliling saya yang berhasil mencapai cita-cita yang selama ini mereka impikan. Kunci sukses untuk mencapainya adalah dengan terus berjuang dan jangan pernah menyerah. Saya percaya kekuatan fikiran. Jika kita percaya dengan mimpi kita maka kita akan memperolehnya. Saya sendiri sudah mencapai banyak hal yang saya impikan selama ini. Meskipun capaian tersebut baru capaian kecil tetapi saya bersyukur atas keberhasilan saya. Meskipun demikian saya masih memiliki long-term goal yang musti di capai. Dan untuk mencapai long-term goal tersebut akan dibutuhkan energi, mental, dan juga kerja keras. Sejauh ini saya berkomitmen untuk bersusah payah dalam mencapai impian tersebut. Dan saya hanya baru akan berhenti ketika saya telah mencapainya.

Dari beberapa artikel yang saya baca, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan mimpi. Berikut adalah rangkumannya:

1. Berani berkorban demi tercapainya tujuan.

Untuk mencapai tujuan maka kita harus rela berkorban. Kita harus bersedia melepaskan beberapa hal demi mencapai mimpi tersebut. Contohnya adalah: Misal jika mimpi seseorang adalah menjadi dokter yang handal maka dia harus bisa membuat pilihan apakah akan menghabiskan waktu akhir pekannya dengan menonton televisi atau dengan menjadi sukarelawan di sebuah poliklinik atau rumah sakit. Saya sendiri memiliki short-term goal untuk bisa berenang.  Maksimal 2 bulan dari sekarang saya sudah bisa berenang.  Untuk mencapai cita-cita ini, saya harus bangun pagi setiap weekend dan pergi latihan ke kolam renang dengan instruktur renang saya.  Hal ini tidak mengenakan diawal.   Bayangkan hari libur harus bangun pagi karena harus pergi latihan renang.  Belum ketika berenang saya dibuat malu oleh anak kecil yang berenang di depan saya dengan lihainya sedangkan saya masih tersengal-sengal dan masih bergulat dengan gerakan kaki agar benar.  Saya merasakan badan saya pegal setelah latihan dan saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada perut saya karena telah meminum air kolam renang.  Itu adalah bentuk pengorbanan yang harus saya buat demi mencapai short-term goal saya.

Orang yang hendak mencapai cita-citanya juga harus berani untuk melepaskan orang-orang atau hal-hal yang bisa menghambat atau menghalangi dirinya dalam mencapai mimpinya.

2. Orang-orang yang berfikiran positif.

Menghindari orang-orang yang berfikiran negatif adalah penting dalam pencapaian mimpi anda. Orang ang sukses biasanya dikelilingi oleh orang-orang yang berfikiran positif. Jika anda ingin mendapatkan saran sebaiknya dari orang-orang yang percaya bahwa anda akan sukses dari pada orang-orang yang akan mengatakan kalau anda akan gagal. Jika kita bergaul dengan orang-orang yang pesimis dan berfikiran sempit maka kita menjadi tidak percaya diri dan kita menjadi tidak yakin dengan diri kita. Kita merasa kalau mimpi kita terlalu tinggi dan terlalu susah untuk dicapai. Jika anda berteman dengan orang-orang yang berfikiran positif, mereka akan menyemangati anda untuk bekerja lebih keras demi mencapai mimpi tersebut. Evaluasilah kembali siapa teman-teman anda saat ini? sudahkah anda berada dilingkungan yang dipenuhi oleh orang-orang yang berfikiran positif?

3. Visualisasi

Visualisasi sangat penting dalam pencapaian mimpi anda. Seseorang yang menginginkan untuk mencapai mimpinya harus bisa membayangkan situasi dimana dia sudah mencapai mimpinya. Jika anda membayangkan ingin jalan-jalan ke Perancis maka anda bisa menvisualisasikan diri anda tengah berada di depan menara Eifel. Atau jika anda bercita-cita menjadi perawat maka anda bisa membayangkan diri anda tengah berada di rumah sakit tengah membantu pasien dengan wajah tersenyum. Saya pernah mengalami situasi dimana saya melakukan sesuatu yang sepertinya sudah pernah saya lakukan. Ternyata ketika saya berusaha mengingat ternyata itu adalah bayangan ketika dulu saya memvisualisasikan mimpi saya 4 tahun yang lalu. Saya tidak sadar bagaimana saya bisa mencapainya. Mungkin itu adalah kekuatan visualisasi. Katanya jika kita ingin mencapai tujuan kita maka kita harus benar-benar “menginginkannya”.


Foto doc probadi

Leave a Reply

