Sehari di Anyer

Hari Senin minggu ini kegilaan saya sedang kumat, sehingga saya langsung mengiyakan ajakan teman kantor saya yang sedang melakukan Survey ke daerah anyer. Sebenarnya saya tidak seharusnya pergi dengan mereka karena saya memiliki pekerjaan yang harus dikerjakan, tetapi lagi-lagi tanpa berfikir saya sudah membuat keputusan.

Kata mereka jarak tempuh ke Anyer dari Jakarta hanya sekitar 2 jam dengan mobil. Jadi menurut asumsi saya paling jam 4 atau jam 5 sore sudah kembali lagi ke kantor dan saya akan pulang malam untuk menyelesaikan pekerjaan saya.

Berjalan dengan mereka, orang-orang gila mungkin itu yang saya butuhkan. Saya sedang tidak ingin berfikiran yang serius. Saya ingin mengerjakan sesuatu yang berbeda dan berharap dari perjalanan nanti saya akan mendapatkan inspirasi baru. Saya sangat berharap untuk memperoleh pencerahan karena belakangan ini saya banyak menghabiskan waktu di kantor untuk membaca setumpuk laporan dan juga memberikan tanggapan atas laporan tersebut. Saya juga sibuk dengan data, karena tanpa data akan susah untuk mengukur hasil dari suatu pekerjaan. Jadi ide pergi ke anyer bukanlah hal buruk. Meskipun mereka pergi untuk kerja mensurvei lokasi yang akan dijadikan tempat staff retreat saya tidak keberatan. Saya sudah punya rencana tersendiri di kepala saya. Ketika mereka sibuk berbicara dengan petugas hotel mengenai paket yang ditawarkan saya akan pergi ke daerah pantainya dan mengamati situasi di pinggir pantai.

Saya sudah membawa kamera saya. Sebenarnya jika hanya melihat pantai saya tidak terlalu excited, pantai utara atau pantai anyer tidak terlalu bagus. Saya sudah pernah melihat pantai indah di daerah paling ujung sumatra dan dalam waktu dekat saya juga akan berkunjung ke daerah ujung timur Indonesia. Alasan saya mau datang kesini karena saya hanya pernah menginjakan kaki sekali di Anyer dan itupun juga sudah 4 tahun silam. Saya penasaran saja dengan bentu anyer sekarang meskipun saya yakin tidak banyak berubah.

Sepanjang jalan rekan kantor saya, any, tidak pernah berhenti mengocol perut. Setiap statement yang keluar dari mulutnya selalu membuat kita ketawa. Saya sellau menyenangi bepergian dengan si mba yang satu itu. Dia selalu ceria dan kecerian tersebut ditularkan kepada kita. Sebenarnya lelucun dia agak nyeleneh tetapi memang orangnya sangat lucu sehingga kita tidak pernah bisa untuk tidak tertawa. Perjalanan 2,5 jam menjadi sangat melelahkan karena kita tidak henti-hentinya ketawa. Kita berhenti dulu untuk makan di warung Makassar. Sebenarnya agak lucu karena jauh-jauh pergi ke daerah anyer hanya untuk berhenti di warung cina makasar. Kita memesan udang bakar, ikan bakar, dan sop kondro, dari sekian jenis makanan yang kita pesan, makanan favorit ku adalah udang bakar. Udangnya enak banget. Di jmain kalau sudah nyobain pasti ingin nambah.

Kita pergi ke salah satu hotel besar di Anyer, Any dan temannya sudah terlebih dahulu bikin janji dengan marketing hotel tersebut. Dari satu Hotel kita mengunjungi hotel yang lain. Harga yang ditawarkan relatif sama, karena tempat yang kita kunjungi juga tempat dengan taraf yang sama. Melelahkan juga, awalnya saya mengira pekerjaan ani menyenangkan tetapi ternyata tidak juga. Karena meskipun hanya masuk dan keluar ruangan ber-AC atau keluar berjalan melihat fasilitas yang mereka punya ternyata tetap menguras tenaga. Apalagi kita juga harus terus ngobrol dengan staff marketing hotel tersebut. Tetapi saya belajar satu hal dari proses ini, bahwasanya kalau harga yang tertulis dalam brosur hotel tersebut masih belum harga mati. Harga tersebut masih bisa ditawar. Tetapi jika kita hanya memesan satu kamar tentu tidak bisa ditawar, tetapi jika kita memesan satu paket dengan banyak kamar dimana seluruh orang satu kantor akan ikut maka mereka bisa memberikan harga khusus. Harga termurah yang kita dapat akan sangat tergantung dengan kepintaran kita menawar. Any orangnya cantik, ramah dan supel. Dia tidak pernah kehabisan kata-kata dan dia sangat menyenangkan. Dia selalu mendapatkan harga termurah sehingga dengan dia kita bisa memperoleh tempat dengan fasilitas super keren tetapi dengan harga murah. Dia termasuk orang yang langka di dunia ini.

Balik lagi ke Pantai anyer, saya sangat beruntung karena ketika kita berada di pantai dekat hotel Jaya Karta saya mendapati segerombolah nelayan baik sang istri dan suami bahkan anaknya sedang menarik jala. Jumlah mereka sangat banyak, dan mereka sangat kompak dalam menarik jala tersebut. Ketika hampir seluruh jala ditarik, mereka segera bergerak cepat berlari ke pinggir pantai. Ikan yang didapat tidak terlalu banyak tetapi dari wajah mereka, mereka terlihat cukup puas. Ini adalah kali kelima dimana saya bisa melihat ikan laut hidup dan menggelepar di tanah. Ikan tersebut sangat segar dan saya langsung teringat dengan ikan bakar yang baru saya makan tadi siang.

Perjalanan pulang di Cilegon menyenangkan. Kawasan Industri krakatau steel terlihat sangat megah dengan kilauan lampunya yang bercahaya terang. Kita tiba di kantor jam 10 malam. Saya tidak jadi bekerja karena sudah terlalu malam. Sebagai kompensasinya saya harus datang sangat pagi besoknya dan pulang jam 10 malam. Dan besoknya saya harus melakukan hal yang sama lagi. Tetapi meskipun demikian saya merasa senang. Saya merasa sangat terhibur ketika melihat rombongan keluarga nelayan menangkap ikan. Anyer sendiri meskipun menurut saya tidak terlalu menarik namun selalu padat dengan pengunjung. Mungkin akrena lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta. Sedangkan banyak orang Jakarta yang butuh hiburan lain selain dengan pantai di Ancol. Untuk pergi meninggalkan pulau jawa jika liburan hanya 2 hari sepertinya tidak masuk akal, oleh karena itu anyer bisa dijadikan solusi. Bahkan jika kita cermat kita juga bisa bertemu dengan pantai yang indah di daerah anyer. Biasanya pantai tersebut tertutup untuk umum dan hanya diperuntukan untuk pengunjung hotel.