Menjadi seorang jenius

Menjadi jenius. Beberapa hari ini saya terinspirasi untuk bisa menjadi jenius di bidang tertentu. Namun saya kecewa ketika mengetahui saya tidak memiliki kelebihan yang menonjol yang bisa saya banggakan.

Saya merasa iri dengan orang yang begitu pintar dan jenius. Saya tidak mengerti kenapa mereka bisa menjadi seperti itu. Seperti pagi ini saya mendengar berita tentang delegasi Indonesia yang merupakan pelajar muda pulang membawa emas dari sebuah kompetisi matematika Internasional.

Atau ada orang yang bisa menguasai 10 bahasa Dunia dengan lancar. Salah satu kenalan saya sudah bisa berbahasa Indonesia dengan tingkat kemahiran sedang hanya dalam kurun waktu 3 bulan. Saya juga pernah bertemu dengan orang yang bisa melakukan hitungan dengan digit yang banyak hanya menggunakan “kepala”nya. Dia bisa mengungguli kecepatan kalkulator ciptaan jepang. Sungguh luar biasa. Atau anda mungkin juga mengenal orang-orang yang jenius dalam bidang olah raga atau seni.

Terus bagaimana jika anda bukan salah seorang dari jenius. Apakah anda akan kecewa seperti saya? atau anda akan berusaha menggali potensi lain pada diri anda dan memilih tidak percaya kalau anda tidak jenius. Anda berharap suatu hari nanti anda akan bilang kepada diri anda sendiri kalau anda jenius sambil tersenyum puas. Saya memilih yang kedua.

Meskipun awalnya saya kecewa, namun hal tersebut tidak mematahkan semangat saya untuk belajar. Meskipun saya membaca lebih lama daripada beberapa orang jenius yang saya kenal. Meskipun kemampuan bahasa saya masih belum meningkat dengan latihan yang sudah saya jalani. Saya tidak akan menyerah. Malah saat ini saya tertantang untuk mengambil kelas bahasa asing tambahan, ya saya ingin menambahkan satu bahasa lagi. Saya ingin menguasai 2 bahasa besar dunia. Dan jika saya tidak berhasil menguasainya bukan karena saya tidak jenius, bukan karena saya moron, namun karena saya tidak disiplin dan kurang latihan.

Leave a Reply

