Puasa: latihan menjadi lebih sabar

Hari ini adalah bulan Ramadan.  Hari pertama berpuasa bagi umat Islam (yang percaya).  Saya ikut berpuasa.  Bukan karena saya takut akan ganjaran jika saya tidak melakukannya, namun lebih dikarenakan puasa sudah menjadi tradisi dan selain itu saya percaya akan manfaat berpuasa.  Saya percaya bahwa dengan rasa lapar yang kita rasakan selama satu bulan kita akan lebih sensitif dengan orang lain yang kelaparan. Dengan berpuasa kita akan menyadari dan mensyukuri semua yang sudah kita miliki.

Ketika dalam keadaan lapar kita menjadi tidak seenergik seperti dalam keadaan kenyang sehingga kita memiliki banyak waktu untuk berkontemplasi dan berefleksi. Puasa dikatakan melatih kesabaran, saya setuju dengan hal tersebut.  Puasa juga mengontrol emosi yang berlebihan.  Sehingga pernyataan “setelah satu bulan menjalani puasa maka anda akan terlahir menjadi pribadi yang baru” tidak berlebihan.

Kita sering mendengar kata mind, body, and soul.  Ketiga unsur ini harus seimbang. Puasa sangat erat hubungannya dengan soul.  Dengan berpuasa maka hidup anda akan menjadi seimbang.  Saya mengibaratkan berpuasa bagaikan sebuah proses dimana anda belajar untuk memenangkan pertandingan.  Anda melatih diri anda, dan tidak menyerah dengan cobaan.  Cobaan dalam berpuasa sangat banyak, dulu saya sering tergoda untuk membatalkan puasa ketika melihat teman kantor saya sedang menikmati makan siang.  Tetapi saya selalu mengatakan kepada diri saya, jika berpuasa saja saya tidak mampu, maka bagaimana saya bisa menghadapi badai kehidupan kedepan.  Selamat berpuasa bagi anda yang berpuasa, semoga dengan berpuasa anda menjadi manusia yang lebih baik. Dan semoga dunia ini juga menjadi lebih baik untuk semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s