Blog Walking

Malam ini saya senang karena baru berjumpa dan makan malam dengan kawan lama. Setelah makan kenyang kita berjalan kaki menikmati suasana malam Jakarta, dan setelah itu mampir ke Starbucks menikmati kopi dingin. Setiba dirumah saya berniat untuk mandi. Namun karena masih malas, saya akhirnya memutuskan untuk “blog walking”.

Ternyata blog walking adalah menyenangkan juga. Banyak orang Indonesia yang suka menulis: tulisan dengan bahasa sederhana, tentang keseharian, tentang pengalaman jalan-jalan ke suatu tempat, tentang pengalaman hidup di luar negri, dan tentang banyak hal lainnya. Saya adalah orang yang percaya dengan manfaat positif dari Internet. Baik dan buruk tergantung dari orang yang memegang senjata. Jika Internet kita umpamakan sebagai sebuah senjata maka Internet adalah senjata yang sangat ampuh. Ketika saya SMA kelas 2 saya sudah mengenal Internet, namun Internet pada zaman saya SMA dulu masih terbilang baru, biayanya masih mahal, dan aksesnya terbatas.

Mencari informasi dengan Internet pada saat itu masih belum mengasikkan. Koneksi Internet lemot banget dan banyak virus. Pada saat itu saya belum mengenal google dan kalau tidak salah google juga belum ada. Jika saya ingin mencari Informasi maka search engine yang saya gunakan adalah yahoo. Email saya pada waktu itu juga menggunakan yahoo. Untuk chatting belum ada Skype, belum ada Gmail talk, saya juga belum familiar dengan YM, saya menggunakan MIRC pada waktu itu. Teman saya yang memiliki email sangat terbatas. Dan banyak kalau email provider pada saat itu belum gratis. Yahoo menyediakan alamat email gratis, namun jika tidak dibuka lebih dari 3 bulan maka alamat email tersebut akan hangus. Mozilla juga belum ada, saya menggunakan Internet Explorer pada saat itu. Facebook tentunya belum ada. Multiply, WordPress, Blogspot juga belum ada.

Sebelum ada blog, saya hanya mengetahui kehidupan orang lain dari Novel dan karya sastra yang saya baca. Dan kehidupan tokoh pada cerita tersebut adalah hasil lamunan dan imaginasi dari pengarang, tidak nyata. Saya hanya tahu kehidupan saya, teman saya, dan tetangga saya. Saya tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh orang lain pada seusia saya. Namun saat ini kita bisa mengetahui banyak hal. Akses terhadap informasi lebih cepat dan Informasi lebih murah. Dengan menggunakan mesin pencari google anda menemukan informasi yang anda butuhkan. Dengan adanya blog semakin memperkaya informasi dan mempermudah penyebarannya. Banyak orang yang menuliskan pengalaman pribadinya dengan niat berbagi sehingga orang bisa belajar dari pengalaman tersebut. Semoga dengan cara ini bangsa Indonesia, khususnya generasi muda kedepan menjadi semakin pintar. Semoga Indonesia bisa menjadi lebih maju.

Leave a Reply

