The Power Within You

Belakangan ini saya menyadari beberapa hal bahwasanya kitalah yang harus kita percaya untuk bisa bangkit dari keterpurukan hidup.  Jangan tergantung kepada orang lain, jangan bergantung pada keluarga, jangan bergantung pada teman, tetapi bergantunglah pada diri sendiri.  Kekuatan terbesar ada pada diri kita.  Jadi jangan mencarinya ‘keluar’, karna anda akan kecewa jika tidak menemukannya. Jika anda religius, anda juga bisa percaya kepada tuhan anda. Memohon kekuatan dan petunjuk dari diri-Nya.

Semua orang, atau mungkin hanya sebagian besar orang, pernah mengalami masa sulit dalam hidupnya.  Hidup tidak selalu berjalan mulus dan indah.  Hidup juga bukan seperti cerita dongeng yang berakhir dengan happy ending, hidup adalah hidup.  Anda menjalaninya dan jangan pernah menyerah. Jangan pernah juga membandingkan diri anda dengan orang yang memiliki kehidupan yang anda anggap sempurna.  Semua orang memiliki jalan yang berbeda, dan anda tidak harus memperhatikan hidup mereka.  Fokuslah pada diri anda.  Fokuslah pada masalah anda, dan yakinlah anda akan melalui beratnya cobaan hidup tersebut.

Tetapi kadang, anda tidak bisa langsung mengidentifikasi kekuatan pada diri anda.  Anda merasa bingung dan tidak tahu harus mulai dari mana untuk bisa keluar dari permasalahan hidup anda. Jika anda dihadapkan pada situasi seperti ini maka inilah langkah awal yang harus anda lakukan.

Bicarakan masalah anda dengan teman atau orang yang dapat anda percaya

Menyimpan beban dan permasalahan sendiri hanya akan menyiksa anda.  Lebih menyiksa lagi karena anda tidak bisa berbagi mengenai perasaan sedih yang anda rasakan.  Anda tidak bisa mendapatkan masukan atau second opinion mengenai jalan keluar yang akan anda tempuh. Oleh karena itu maka ada baiknya anda berbicara dengan sahabat atau orang yang dapat anda percaya. Anda bisa bicara dengan kakak, ibu, ayah, atau siapa saja yang anda yakin kalau orang tersebut tidak akan mengumbar cerita anda kepada orang lain.  Atau anda bisa pergi ke terapis untuk berkonsultansi. Psikolog adalah tenaga profesional, dan mereka akan menjamin kerahasiaan data client-nya.

Selama ini saya menyimpan masalah saya sendiri, saya tidak suka bercerita menyenai perasaan saya.  Saya tidak ingin mendapatkan simpati atau perasaan kasihan dari orang lain.  Tetapi yang terjadi adalah saya menganggap orang tidak mengerti saya, saya menganggap dunia tidak mengerti saya.  Saya menjadi terganggu karena perasaan yang bercampur aduk di kepala saya yang tidak bisa saya selesaikan.  Namun ketika dua tahun lalu saya dihadapkan pada suatu permasalahan besar. Ya, masalah serius, yang saya tidak tahu harus berbuat apa. Saya tertekan, saya sedih, saya kecewa, berbagai perasaan yang saya rasakan pada saat itu.  Banyak orang yang jika dihadapkan pada situasi saya saat itu mungkin akan terjerumus untuk menggunakan obat-obatan atau apapun yang bisa membuat perasaan lebih baik namun akan mereka sesali di kemudian hari.   Untungnya saya punya seorang teman untuk berbagi.

Saya mencurahkan apa yang saya rasakan pada teman tersebut, hal yang menurut saya tidak pernah bisa saya lakukan, tetapi saya belajar untuk percaya bahwa teman saya tersebut adalah orang yang bisa dipercaya, saya butuh di dengar, saya butuh mencurahkan dan menumpahkan apa yang saya rasakan.

Benar, saya merasa jauh lebih baik, bahkan sangat baik.  Setelah saya menceritakan apa yang saya hadapi dan apa yang saya rasakan.  Serasa beban 20 ton menguap dibawa angin.  Saya merasa ringan dan lebih baik.  Sahabat saya tersebut tentunya tidak bisa menyelesaikan permasalahan besar yang saya ceritakan. Dibutuhkan tenaga ahli/ profesional dan juga biaya yang besar. Namun ketika dia ada didekat saya saya menjadi lebih baik.  Dia membantu saya untuk berfikiran jernih dan menjadi teman diskusi saya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Percaya pada diri anda dan kekuatan anda

Ini adalah kunci yang paling penting. Apapun yang anda hadapi akan berakhir dan terlesaikan dengan baik jika anda percaya pada diri anda.  Anda percaya bahwa apapun yang anda lakukan, jalan apapun yang anda tempuh, adalah resiko anda sendiri. Anda memiliki dua  kemungkinan, pertama anda berhasil, kedua, anda gagal.  Namun anda tidak akan pernah tahu kalau anda bisa berhasil jika anda tidak mencoba. Jikalaupun anda gagal, akan selalu ada kesempatan kedua. Anda bisa mencoba lagi. Jadi jangan pernah takut. Percaya pada diri anda. Percaya pada kekuatan anda. Adalah anda yang lebih tahu mana yang terbaik bagi anda, bukan orang lain.  Jika anda tergantung pada orang lain, jika anda selalu meminta pembenaran atas setiap tindakan yang anda lakukan maka anda tidak akan pernah menyelesaikan permasalahan anda, malah sebaliknya, anda akan selalu ‘bermasalah’ dalam hidup.

Setiap orang selalu melakukan apa yang dia anggap benar, namun kebenaran tersebut sendiri akan berbeda untuk setiap orang. Misal, anda disuruh untuk sekolah kedokteran oleh orang tua anda, tetapi anda lebih menyukai musik atau jurusan seni. Anda ingin belajar seni, hal ini anda anggap hal yang tepat dan yang benar untuk dilakukan. Namun orang tua anda tidak mau mendengar. Anda mencoba mengutarakan perasaan dan mimpi anda, namun hal tersebut hanya memicu pertengkaran dengan orang tua anda.  Mereka memberikan anda ultimatim, patuhi saran mereka, atau anda bisa menjalani hidup yang anda inginkan tapi tanpa bantuan dari mereka. Anda gamang. Anda ingin mengikuti kata hati , namun anda juga tidak berani dengan resiko yang akan anda hadapi kedepan. Bagaimana jika orang tua anda tidak memberikan dukungan finansial kepada anda? bagaimana jika mereka tidak memberikan uang bulanan, bagaimana jika mereka membenci anda. Namun jika saran mereka untuk bersekolah di fakultas kedokteran anda ikuti, hidup anda akan membosankan dan menyedihkan. Anda hanya menjalani hidup namun tidak akan pernah bisa menikmatinya. Dan jika anda gagal, anda akan menyalahkan orang tua anda. Bahkan jika suatu saat anda lulus menjadi dokterpun, belum tentu hati anda akan tenang, panggilan hati anda untuk menjadi pemusik atau seniman akan selalu menggoda anda. Apapun keputusan yang anda buat, ingat bahwa anda harus percaya dengan diri dan kekuatan anda.  Jadi anda tidak akan pernah menyesal.

Leave a Reply

