Tell the world

Waktu sudah menunjukan pukul 11 malam, dan mata saya sudah mulai mengantuk. Namun saya masih ingin menulis satu dua patah kata sehubungan dengan cerpen baru saya. Kegemaran saya membaca membuat saya menjadi kritis dengan isi dari Novel atau buku yang saya baca. Namun ketika saya ditantang oleh seorang teman untuk mencoba mengarang sendiri sebelum mulai mengkritisi, saya menyanggupi. Saya bilang kenapa tidak, saya memiliki segudang ide di kepala yang hendak saya tulis.

Hari Jumat malam mulailah saya menulis. Saya sudah membayangkan cerita, tokoh, tema, dan juga settingan dari cerpen saya. Dari jam 10 malam saya pun mulai mengetik. Namun sungguh diluar dugaan, ketika pada pukul 2 malam saya masih belum menyelesaikan cerpen saya. Akhirnya pada pukul 3 pagi, saya merasa kalau tulisan saya sudah cukup baik, dan saya mengirimkan ke salah seorang teman. Saya menyelesaikan sekitar lima halaman cerita pendek, namun cerpen tersebut masih belum memiliki ending. Saya meminta teman saya tersebut untuk menyelesaikan akhir dari cerpen tersebut. Saya tidak membuat outline, semua yang saya tulis saya bayangkan dikepala saya. Mungkin hal tersebut yang menjadi kesalahan saya dalam menulis. Hari ini saya menerima tanggapan dari teman saya tersebut, menurut dia cerpen saya lumayan. Saya tersenyum ketika membaca balasan email dia. Tetapi pengalaman satu malam tersebut cukup untuk membuat saya menghargai apa yang sudah ditulis oleh pengarang. Dan juga apa yang sudah ditulis oleh pemiliki blog.

Saya kadang mengunjungi beberapa blog tetangga di wordpress atau di multiply. Terlepas dari gaya bahasa, saya menemukan banyak informasi berharga dari apa yang ditulis oleh penulis blog tersebut. Tidak berbeda dari saya, hampir semua pemilik blog memiliki tujuan mulia, yaitu, ingin berbagi informasi. Seandainya hal ini terus berlangsung, saya percaya bangsa Indonesia kedepan akan menjadi bangsa yang cerdas. Jika anda yang membaca blog ini namun belum memiliki blog, maka mulailah bikin dari sekarang.

Atau jika anda belum mau menulis maka membacalah. Dengan membaca kosa kata dan perbendaharaan kata anda akan lebih maju. Sehingga ketika anda sudah memutuskan untuk memulai menulis, segala sesuatunya akan menjadi lebih mudah. Menulislah dan biarkan dunia belajar dari pengalaman anda.

Leave a Reply

