Pantai Pasir Putih Papua Barat

Jika sebelumnya saya menulis mengenai pantai pasir putih lampuuk, Aceh. Maka kali ini saya akan menulis sedikit mengenai pantai pasir putih di Papua Barat.  Manokwari adalah ibu kota Papua Barat.  Jika kita berbicara mengenai papua barat maka otomatis raja ampat akan langsung muncul dalam fikiran kita.  Raja Ampat adalah salah satu spot diving terbaik di Dunia.  Selain Raja Ampat, tempat wisata unggulan lainnya di Papua Barat adalah Pulau Mansinam.  Pulau Mansinam adalah tempat masuknya injil pertama kali di Papua.  Saya sempat berencana untuk mampir ke pulau ini tetapi tidak jadi karena angin sedang kencang dan kapal kecil menuju ke pulau mansinam batal berangkat.
Saya belum pernah berkunjung ke Raja Ampat. Diving bukanlah olah raga saya, biayanya tidak terjangkau oleh kantong saya. Di Papua Barat saya hanya sempat mengunjungi Pantai Pasir Putih. Sama halnya pantai pasir Putih Lampuuk, Pantai pasir putih manokwari merupakan pantai kebanggaan penduduk papua barat.  Setiap sore dan juga disaat weekend pantai ini ramai dikunjungi oleh keluarga.  Mereka akan berenang, dan membakar ikan di pinggir pantai dan makan lahap bersama dengan keluarga. Pantai ini bisa dicapai dengan kendaraan umum, tidak terlalu jauh dari pusat kota.
Saya kesana dengan menyewa ojek, saya membayar 50 ribu dari hotel ke pantai pasir putih pulang pergi, dan berhenti di beberapa tempat yang memiliki pemandangan bagus.  Sebenarnya anda mungkin bisa membayar ojek sebesar 20 ribu PP, saya memberikan uang 50 ribu dikarenakan supir ojeknya yang sopan dan ramah dan juga dia berusaha keras memastikan saya mengunjungi dan memotret beberapa titik dengan pemandangan yang indah.
Perjalan dengan motor memiliki romantikanya sendiri. Saya bisa menyaksikan keluarga berkumpul didepan halaman rumah di sore hari sambil bercanda dan bersantai. Menurut saya cowok asli papua sangat menarik.  Senyumnya manis dan mereka memiliki pesona tersendiri.  Masih banyak tempat wisata menarik lainnya di Papua Barat, hanya saja biaya transportasi kesini dari Jakarta lumayan mahal.

Leave a Reply

