Di atas langit ada langit

Diatas langit ada langit.  Umumnya orang-orang familiar dengan ungkapan tersebut.  Bahwa apapun yang kita capai dan kita raih saat ini, masih belum seberapa, banyak orang lain yang sudah mencapai lebih dari kita.  Ungkapan diatas akan dikait lagi dengan kebiasaan menulis di blog.  Ternyata banyak orang Indonesia yang menulis di blog dan berbagi cerita dari pangalaman hidupnya. Banyak dari cerita tersebut yang bermanfaat, kadang lucu, dan juga kadang inspiring. Artinya, apa yang saya tulis masih belum seberapa dibandingkan dengan banyak blogger lainnya. Hal ini menjadi motivasi bagi saya untuk bisa menulis lebih baik lagi, dan juga lebih kritis dan lebih tajam. Sehingga orang yang membaca tidak merasa boring, dan mengantuk.

Sungguh luar biasa, ternyata banyak blogger yang memiliki kemampuan menulis yang baik.  Saya tidak bisa membayangkan jika Internet tidak berkembang sepesat seperti sekarang.

Perkembangan teknologi informasi, tentu saja juga memiliki efek negatif.  Tidak ada yang 100 persen yang sempurna di dunia ini. Tetapi coba lihat hal yang positif seperti blogspot, multiply, dan wordpress.  Kalau dulu, untuk sebuah informasi mungkin saya harus membeli majalah (misal informasi terkait dengan wisata), buku, dan semua itu harganya mahal. Ya, harga informasi tidak murah jika sudah dibukukan atau dipatenkan.  Jika tidak sanggup membeli maka anda harus menyempatkan diri ke perpustakaan (namun seringnya, terutama jika anda bekerja, anda tidak punya cukup waktu).  Tetapi sekarang tidak kita perlu repot lagi.  Kita bisa mendapatkan informasi apapun dengan google di Internet. Dan Informasi yang tersaji di blog, adalah salah satu informasi yang menjadi rujukan saya.  Misal, informasi mengenai tempat wisata, atau informasi tiket promo, dan lain-lain.

Dengan adanya blog, kita bisa melihat bagaimana orang berjuang dalam hidupnya, dan betapa banyak hal yang sudah mereka lakukan. Anda bisa mengukur diri anda dari kesuksesan orang lain. Anda bisa belajar dari mereka, dan menjadi termotivasi untuk bisa menjadi lebih baik.  Biasanya jika penulis adalah perempuan dan sudah memiliki anak, maka dia cenderung akan menulis mengenai pengalaman terkait dengan anaknya. Tips gizi anak, jika anka sakit harus dibawa kemana, sekolah anak, dan hal-hal semacam itu.  Jika mereka perempuan lajang single, yang bekerja, biasanya isi blognya adalah mengenai bos, pekerjaan, hangout dengan teman, ke salon, belanja, dan berwisata dalam dan luar negri (tak lupa memajang foto-foto yang diambil dari tempat wisata tersebut).  Namun tidak semua perempuan menghabiskan waktunya untuk berbelanja, ada juga yang menghabiskan waktu luang dengan memasak, atau membaca buku, atau ikut wisata outdoor (namun persentasenya kecil).

Jika saya bepergian, saya cenderung menghindari kota besar.  Saya tidak terlalu tertarik dengan gemerlap kota. Saya akan puas jika saya bisa bepergian ke tempat terpencil dan bertemu dengan masyarakat lokal.  Sebelum ada blog, saya berfikir kalau saya adalah perempuan dengan hobi aneh, namun ketika saya membaca blog beberapa blogger perempuan lain, ternyata saya tidak sendiri.  Banyak juga perempuan di zaman sekarang yang hobi berpetualang. Dan ingat, ketika saya sebut ‘berpetualang’ itu bukanlah mengenai banyak tempat yang dikunjungi, foto-foto dan shopping, namun menjadi petualang adalah dengan melihat lebih dalam dari pada itu: budaya setempat, penduduk, dan banyak hal yang bisa diamati diluar objek wisata utama.

Jika saat ini jalan-jalan keliling asia tenggara menjadi trend, atau backpackers ke eropa juga sedang mulai di lirik, saya sendiri malah tertarik untuk mengunjungi negara Afrika.  Afrika yang mana? Yang pasti negara Afrika yang paling miskin, melihat kehidupan masyarakat pedesaan/ pertanian, dan syukur jika bisa tinggal di salah satu rumah penduduk setempat.  Lucu juga, kok saya tidak obses untuk berkunjung melihat menara Eifel di Paris, atau berkunjung ke Roma. Saya sendiri tidak tahu kenapa.  Mungkin naluri bawah sadar saya membisikkan kalau kantong saya tidak mencukupi untuk jalan-jalan ke sana kali ya, he he….

Leave a Reply

