It’s Ok to be Angry

Every cloud has a silver lining. Habis gelap terbitlah terang. Dibalik Ujian ada Hikmah. Tiga ungkapan tersebut adalah kalimat yang sering kita dengar, yang berarti: anda harus bersabar dengan musibah, cobaan, nasib buruk, dan hal yang tidak mengenakan yang terjadi dalam hidup anda. Kapan ‘terang’ tersebut akan datang? anda tidak akan pernah tahu. Yang pasti anda harus yakin bahwa setiap cobaan ada hikmahnya.

Satu tahun terakhir, adalah masa terberat dalam hidup saya. Keluarga kami mendapat cobaan berat. Saya kehilangan optimisme, dan yang tersisa hanya sinisme. Saya marah terhadap banyak hal, termasuk terhadap tuhan. Saya bertanya kenapa orang bisa jatuh, ditimpa tangga, dan dilindas truk? kenapa tidak dimatikan saja sekaligus.

Namun dengan berlalunya waktu saya mulai bisa melihat hikmah dan titik terang dari permasalahan dan cobaan yang saya alami. Saya mulai melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda.  Keluarga kami menjadi lebih kuat dan lebih dekat dari sebelumnya.  Hubungan saya dengan sahabat saya juga semakin erat, dan saya mulai menghargai hal kecil dalam hidup ini. Visi dan misi hidup saya juga menjadi semakin jelas. Dan jika selama ini saya terbebani dengan keinginan menjadi manusia yang sempurna, sekarang sudah tidak lagi. Saya tidak lagi kesal dan kecewa terhadap kegagalan kecil yang saya alami. Bahkan saya menemukan motivasi baru dan juga semangat baru atas kegagalan. Saya tidak lagi menjadi perfeksionis, dan bisa tersenyum menerima kritikan orang lain.

Hari ini adalah hari dimana saya bersyukur. Saya menerima dua kabar bahagia. Saya percaya bahwa sebagai manusia, saya sangat lemah dan ada kekuatan yang lebih besar dalam hidup ini.  Satu hal yang perlu diingat.  Jangan pernah menyerah dalam hidup.

PS: bagi anda yang merasa sebagai orang yang paling menderita, jangan merasa bersalah untuk marah dan mengutuk hidup.  Anda berhak untuk bersikap seperti itu.   Tetapi percayalah bahwa cepat atau lambat anda akan menemukan sisi manis dari kepahitan hidup yang anda jalani.

Leave a Reply

