You make mistakes. Mistakes don’t make you

Ingat niat saya ingin berolah raga secara teratur? Minggu lalu saya sudah mendaftarkan diri di salah satu klub kebugaran yang cukup terkenal di Jakarta.  Biaya relatif mahal namun sebanding dengan fasilitas yang didapatkan. Dan lokasinya tidak jauh dari rumah, jadi saya tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi.  Bagi anda yang gila berolah raga dan ingin berolah raga setiap hari maka biaya yang anda bayarakan sebenarnya sangat murah, karena dengan menjadi anggota anda bisa mengakses pusat kebugaran ini dari pagi hingga tengah malam.  Dan selain menggunakan alat olah raga yang up to date anda juga bisa mengikuti olah raga lain seperti aerobic atau yoga.

Sayang saya hanya bisa datang maksimal dua atau tiga kali dalam seminggu.  bahkan akan ada momen juga dimana saya tidak akan berolah raga satu bahkan dua minggu jika saya sedang bertugas diluar Jakarta.  Oleh karena itu saya berusaha semaksimal mungkin memanfaatkan waktu luang yang saya punya untuk berolah raga. Sayapun mencoba datang untuk berolah raga selama kurang lebih satu jam pada hari senin, dan lumayan, saya membakar sekitar 200 kalori.  Selasa saya  tidak bisa datang, Rabu saya mencoba datang lagi. Hari rabu pekerjaan di kantor cukup melelahkan, dan saya berfikir bahwa dengan berolah raga saya akan menjadi sedikit relax, sehingga saya bisa tidur nyenyak.  Namun baru 5 menit saya berolahraga, tiba-tiba terdengar pengumuman kalau telah terjadi kebakaran sehingga seluruh pengunjung diharapkan keluar.  Benar, ketika saya turun asap hitam sudah mengepung lorong gedung, dan ketika saya tiba dihalaman saya melihat dua mobil pemadam kebakaran sudah bersiap.  ternyata pengumuman itu serius, awalnya saya hanya berfikir kalau hanya ada kerusakan kecil seperti konslet.

Saya kesal karena tidak bisa berolahraga tetapi saya tidak marah, karena jika pengunjung tidak keluar hal buruk bisa saja terjadi.  Saya malah mengagumi tindakan preventif yang dilakukan oleh manajemen pusat kebugaran tersebut.  Esoknya, saya menanyakan apakah tempat tersebut ditutup karena kebakaran semalam? ternyata tempat tempat kebugaran tersebut sudah beroperasi seperti semula.  Pihak manajemen menjelaskan kalau sudah terjadi kerusakan kecil di bagian basement, tetapi tidak serius sehinga mereka bisa beroperasi lagi.

Saya berencana untuk berolahraga hari ini. Dari dulu saya selalu suka olahraga.  Saya suka bermain volley, tenis meja, dan bulu tangkis.  Saya juga pernah bergabung olahraga beladiri dalam waktu yang cukup lama.  Dan sekarang saya tidak lagi aktif. Oleh karena itu saya bermaksud untuk melakukan kembali hal yang dulu saya senangi. Sekarang yang saya lakukan hanya ‘berlari’.  Dengan berlari saya bisa melupakan kepenatan dan permasalahan hidup.  Dengan treadmill kita bisa mengatur kecepatan.  Dan saya sangat senang ketika saya mulai berlari dengan kecepatan tinggi.  rasanya seperti melayang diudara, rasanya sangat menyenangkan.  Kita tidak bisa lari dari realitas hidup.  Mengkonsumsi narkoba atau alkohol tidak akan membuat kita lari dari kenyataan.
Bagi anda yang fikirannya tengah kusut cobalah berlari seperti saya. Anda akan merasa bebas lepas. Katanya tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin yang bisa membuat kita merasa bahagia.

Karena saya gagal berolahraga di hari rabu, maka hari ini saya bermaksud mencoba lagi.  Tetapi saya tidak bisa pergi pada sore hari karena saya harus menunggu teknisi TV kabel.  TV saya sudah tidak hidup selama hampir dua bulan.  Saya sudah melapor ke customer service TV kabel tersebut, namun mereka tidak juga mengirimkan tekhnisi, tagihan bulanan dari mereka tetap berjalan seperti biasa.  Saya tidak habis fikir kenapa pelayanan terhadap konsumen terus menurun padahal TV tersebut semakin diminati.  Pelanggannya terus bertambah namun tidak didukung oleh support system dan infrastruktur yang cukup.  Dan sering konsumenlah yang harus mengalah. TV saya selesai diperbaiki pada pukul 7 malam, tetapi hanya sementara, tekhnisi bilang kalau ada kabel yang rusak, sehingga dia harus datang kembali memperbaiki esok.  Saya senang karena malam ini saya sudah kembali bisa menonton HBO (meski besok harus kembali berurusan dengan tekhnisi tersebut).

Jam 8 malam saya bersiap-siap untuk pergi berolah raga.  Saya membayangkan kalau saya akan berlari sejauh 5 kilo dan membakar sekitar 300 kalori. Tetapi ketika menyalakan motor butut (saya hanya pakai motor untuk jarak dekat), ternyata motor tua tersebut mogok. Kesalahan yang saya lakukan adalah saya meninggalkan motor tersebut dihalaman sehingga diguyur hujan.  Motor tersebut mengeluarkan bunyi seperti suara kesetrum. Saya jadi takut, sehingga saya memasukan motor ke garasi dan mengurungkan niat saya pergi berolahraga. Sedangkan besok saya akan keluar kota, jadi saya tidak bisa berolah raga. Bukan salah saya jika saya masih belum bisa memenuhi komitmen berolahraga. Saya sudah mencoba, namun ada saja faktor penghambat.

Dari dua kejadian saya batal berolahraga, saya berusaha melihat sisi positifnya.  Kadang kita berencana namun bukan berarti segala sesuatu akan berjalan sesuai dengan rencana kita.  Jangan lantas menjadi kesal jika plan A gagal, segeralah beralih ke plan B, bahkan jika plan B gagal, teruskan kembali dengan plan C.  Hidup itu selalu penuh dengan alternatif. Ingat banyak jalan menuju ke Roma.  Jadi jangan bersedih jika satu rencana gagal.  Coba lagi dan coba terus. jangan pernah patah semangat. Atau jika setelah mencoba plan C, segala sesuatunya masih kacau dan hasilnya tidak seperti yang dikehendaki maka berhentilah dulu.  Tarik nafas, diam, dan berfikir ulang.
Misal setelah mengalami hari yang buruk di kantor, dan janji ketemuan dengan teman sepulang kantor batal, trus dijalan juga diserempet bajai, maka sebaiknya ketika sampai dirumah anda berhenti beraktifitas, duduk diam, minum teh panas sambil mendengarkan musik. Setelah fikiran anda tenang baru anda melanjutkan kembali aktivitas.  Ketika motor saya mogok, saya akhirnya menulis blog ini. Well, lumayan tidak begitu buruk bukan? saya sudahi sampai disini, selamat malam.  Selamat beristirahat.

The only difference between a good day and a bad day is our attitude.” — Dennis S. Brown

“No matter how dark things seem to be or actually are, raise your sights and see the possibilities – always see them, for they’re always there.” — Norman Vincent Peale

Leave a Reply

