Tips meningkatkan konsentrasi kerja

Mendekati akhir tahun banyak pekerjaan yang harus saya selesaikan di kantor. Saya harus berpacu dengan waktu agar segala sesuatunya selesai sebelum tahun ini berakhir.  Sebenarnya tidak terlalu susah, saya sudah menghitung workloadnya, dan hasil hitungan saya semua masih manageable (dengan sedikit tambahan waktu, satu atau dua jam sehari dari jam kerja biasa).  Hanya saja, saya juga memiliki ketertarikan yang tinggi akan hal-hal baru belakangan ini.  Dulu mungkin saya adalah tipikal orang yang berdedikasi 100% untuk pekerjaan. Saya tidak berkeberatan jika harus bekerja sabtu dan minggu.  Sebenarnya sekarang juga tidak, tetapi saya memiliki kendala dengan waktu.  Saya tidak bisa lagi mengorbankan waktu pribadi untuk pekerjaan.  Saya memiliki hobi, kegiatan extra kulikuler, dan kehidupan sosial di luar pekerjaan.  Tetapi sekarang saya bingung bagaimana cara membagi waktunya.

Dari artikel yang saya baca berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi di tempat kerja.  Dengan asumsi jika konsentrasi meningkat maka anda bisa melakukan pekerjaan lebih cepat dan juga lebih baik.  Sehingga anda akan memiliki banyak waktu luang.   Hal yang harus anda lakukan di rumah adalah 1) tidurlah yang cukup:  tidur tepat waktu sekitar 6-7 jam sehari. Dengan tidur yang cukup maka fisik akan sehat dan konsentrasi kerja akan meningkat. 2) olahraga secara teratur, dengan olah raga secara teratur setiap hari sekitar 1-1,5 jam maka daya anda ingat anda akan meningkat dan anda dapat berfikir lebih baik.  3) meditasi/ carilah momen untuk menenangkan fikiran anda tanpa gangguan atau interupsi: meditasi dapat menghilangkan ketegangan fikiran anda, membuat anda lebih relax dan meningkatkan konsentrasi kerja anda.

Sedangkan hal yang bisa anda lakukan di kantor adalah sebagai berikut:

1) bersihkan meja kantor dan singkarkan barang-barang yang tidak perlu.  Dengan meja yang lapang dan teratur akan membuat anda lebih fokus.  Meja yang berantakan akan membuat fikiran anda kusut sehingga anda akan bekerja lebih lambat. 2) Jika anda tidak bisa menyingkirkan benda yang tidak perlu, minimal yang yang harus anda lakukan adalah merapikan meja kerja anda. 3) selalu mencatat hal yang harus anda lakukan dan contreng atau tandai jika tugas atau pekerjaan tersebut sudah selesai anda lakukan. Dengan membuat to do list anda akan bisa fokus sehingga anda bisa bekerja lebih cepat.  Usahakan untuk menyelesaikan semua list yang sudah anda catat di ‘to do list’ anda. 4) setiap hari diakhir jam kerja sebelum anda pulang, review kembali hal yang sudah anda lakukan, apakah anda puas dengan pencapaian kerja anda hari ini, dan identifikasi yang yang menganggu produktivitas kerja anda. Kemudian buatlah list pekerjaan yang harus anda lakukan esok harinya.

Untuk kegiatan yang dirumah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi kerja sudah saya lakukan.  Saya makan teratur, tidur cukup, dan olah raga mulai agak bolong-bolong namun saya akan segera memperbaikinya. Sedangkan untuk hal yang bisa dilakukan di kantor adalah saya akan membersihkan meja kerja saya, dan kemudian membuat to do list.  Well mengenai to do list, sebenarnya saya selalu membuatnya hanya saja saya jarang mereviewnya. Hal yang akan saya lakukan sepulang kerja nanti saya akan mereview lagi pencapaian kerja saya hari ini. dan akan menuliskan list pekerjaan yang harus saya kerjakan esok harinya.

Untuk pekerjaan rumah, seperti menonton TV, belajar, kursus, belanja, sepertinya saya juga harus kembali membuat jadwal.  Belakangan semuanya serba disorganize.  Satu hal lagi datang pagi hari ke kantor akan menjadi komitmen saya kedepan.  Sekarang saya sudah berusaha, sudah baik dari sebelumnya, tetapi saya perlu lebih disiplin lagi. Jika anda membaca artikel ini dan juga mengalami kesulitan dalam mengatur waktu semoga artikel ini dapat membantu.

Leave a Reply

