24 jam tidak pernah cukup?

Anda tahu apa yang bisa membuat perasaan anda lebih baik? Menyelesaikan daily ‘to do list’  bisa membuat perasaan anda lebih baik, percayalah.  Anda akan merasa kalau anda sudah sukses hari itu.  Anda bisa melaksanakan semua tugas yang sudah anda tuliskan.  Dan ternyata benar, dengan to do list kita bisa menjadi lebih baik dan lebih efektif dalam mengatur waktu.  Kalau tidak waktu akan bergulir dan melayang begitu cepat dan kemudian anda akan menyesal.

Sering kita bingung dalam membagi waktu, dan berfikir kalau waktu selalu kurang.  Mana yang penting dan mana yang kurang penting, membuat prioritas bukanlah hal yang gampang. Seperti saya, sudah lebih dari seminggu saya tidak berolahraga.  Sementara saya terus membayar biaya bulanan yang jumlahnya tidak sedikit.  Padahal saya berkomitmen ke diri saya bahwa sesibuk-nya saya minimal satu kali dalam seminggu saya harus berolah raga.  Dan kemarin saya menetapkan bahwa hujan atau tidak hujan saya akan berolahraga malamnya.

Namun di sore hari saya mendapat telfon dari teman yang mengajak ketemuan untuk ngopi dan ngobrol-ngobrol. Dulu kita punya jadwal bertemu rutin namun semenjak bulan puasa lalu, jadwal kita berantakan.  Awalnya saya menolak, namun tak lama kemudian saya kembali menerima pesan di skype dari teman satu lagi yang mengingatkan saya akan acara ‘berkumpul’ sore itu.

Saya bimbang antara memenuhi komitmen untuk berolahraga atau saya bergabung dengan teman-teman saya.  Terus terang option kedua lebih menggoda dari pada option pertama.

Tetapi di jalan menuju meeting point, saya merasa agak bersalah kepada diri saya karena saya tidak menepati janji. Tetapi pada saat bersamaan saya juga menemukan solusi.  Saya bisa pulang lebih cepat sehingga saya tetap bisa olahraga malam hari. Dan ternyata saya berhasil melakukan keduanya.  Saya menghabiskan waktu sekitar 2 jam lebih dengan teman saya, dan saya masih sempat berolah raga 1 jam setelah itu.  Saya juga mereview tugas kantor saya kemarin ternyata saya juga berhasil mengerjakan semuanya. Jadi pagi ini, meskipun Jakarta tetap mendung, saya merasa sangat senang.

Sekarang saya sedang bersiap-siap untuk membuat list tugas yang baru hari ini baik untuk kerjaan maupun untuk kegiatan personal saya nanti. Bagi anda yang belum mencobanya.  Cobalah.  It’s fun. Memang terkesan menambah sedikit pekerjaan, dan kadang juga terkesan kaku dan tidak fleksibel dengan waktu, namun jika anda ingin lebih teratur dan mampu mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang hanya 24 jam, maka ini adalah salah satu metode yang tepat.

Leave a Reply

