Road Less Travelled

Nat Geo Adventure. Apakah anda salah satu fans dari chanel itu? kalau saya iya. Sudah satu bulan terakhir saya menjadi fans berat dari Nat Geo Adventure. Sebelumnya saya menggemari Chanel Discovery Travel & Living dan AFC.  Namun belakangan kegemaran saya sudah beralih ke Nat Geo Adventure.  Acara yang saya sukai adalah Road Less Travelled (Seperti sore ini saya terkesan ketika menonton acara petualangan Katharina di Euthopia).  Saya juga suka dengan acara Don’t Tell My Mother.  Pernah anda berkunjung ke website-nya National Geographic? anda akan cemburu melihat foto-foto keren di blog tersebut.  Ternyata benar tuhan itu maha besar.  Lihatlah betapa indah ciptaannya.  Namun percaya atau tidak hanya sedikit orang yang bisa menikmati keindahan tersebut.  Banyak orang yang punya keinginan namun tidak memiliki biaya untuk bepergian. Sedangkan sebaliknya, banyak orang yang memiliki uang namun tidak memiliki cukup waktu untuk bepergian.  Terus bagaimana caranya agar anda bisa menjelajah dunia tanpa terkendala biaya dan waktu? jawabannya mungkin adalah dengan menjadi koresponden-nya NatGeo.  Silahkan mampir ke NatGeo Indonesia, mana tahu mereka sedang buka lowongan.

Cara lain? mungkin dengan menjadi Paris Hilton.  Anda bisa bepergian kemanapun tanpa khawatir dengan biaya dan anda juga bisa melakukan apapun sesuka anda.  Tetapi Paris sepertinya tidak tertarik untuk bepergian ke tempat-tempat yang berdebu dan yang jalanannya rusak. Sementara anda yang tertarik bepergian menjelajahi dunia harus menerima kenyataan kalau diri anda bukan turunan dari hartawan Hilton.  Beruntunglah teknologi zaman sekarang berkembang dengan pesat, sehingga kita tetap bisa menyaksikan pemandangan spektakuler dibelahan dunia lain tanpa beranjak dari tempat duduk kita.  Bagaimana kita dapat menyaksikan kehidupan lain diluar dari kebiasaan dan pengetahuan kita yang terbatas.  Seperti di Euthopia, ada satu suku dimana kelamin anak perempuan suku tersebut dijahit dengan benang dan jahitan baru akan dilepas ketika anak perempuan tersebut menikah. Hal ini dilakukan demi memastikan tidak ada hubungan seksual sebelum pernikahan.  Terus pertanyaannya, kenapa harus kelamin perempuan yang dijahit, terus bagaimana dengan laki-laki? laki-laki diperlakukan ibarat raja, meski kesakitan karena jahitan baru dilepas, si perempuan harus memijat si laki-laki.  Selain mengasuh anak, memasak, membersihakan rumah, perempuan juga harus mengangkut air setiap harinya yang jaraknya cukup jauh dari rumah.  Beruntunglah kita perempuan di Indonesia yang tidak harus mendapatkan perlakuan seperti itu.

Tag dari National Geographic adalah “Dream it, Plan it, and Do it”.  Jadi bagi anda yang belum pernah beranjak dari tanah kelahiran anda, atau yang masih terkungkung dari tugas-tugas kantor dan tidak bisa meninggalkan meja kerja anda, maka mulailah mimpikan mengenai tempat indah yang ingin anda kunjungi. Buatlah perencanaan dan kemudian lakukan.  Jangan takut, jangan khawatir dengan tabungan anda yang akan terkuras, karena dengan bepergian tidak akan membuat anda miskin.  Sebaliknya bepergian, bepertualang dan bertemu dengan orang-orang baru akan membuat hidup anda kaya.  Pengalaman anda akan membuat anda menjadi lebih bijak. Perjalanan yang anda tempuh akan mengingatkan anda bahwa anda adalah orang yang beruntung.  Dengan sering bepergian dan berinteraksi dengan orang-orang diluar lingkungan anda akan membuat anda menjadi pribadi yang toleran dan juga open minded.

Tunggu apa lagi, silahkan buka dompet, hitung uang anda, pesan tiket dan pergi. Jangan berfikir bepergian ke tempat yang jauh dulu. Mulailah dari tempat terdekat. Misal, jika anda tinggal di Jakarta maka pergilah ke suku badui di Banten atau pergi ke kepulauan seribu.  Jangan hanya terfokus pada pemandangan, namun usahakanlah semaksimal mungkin berinteraksi dengan penduduk setempat.  Pesan makan setempat dan rasakan suasana kehhidupan yang berbeda dari kebiasaan anda.  Apakah menurut anda penduduk Badui bahagia dengan cara hidup yang mereka jalani? apakah menurut anda, anda lebih beruntung dari penduduk Badui? Apakah pernah terfikir oleh anda jika anda hidup ditengah mereka, seperti mereka, dan bukan hidup seperti kehidupan yang anda jalani saat ini?  Jika anda masih belum yakin untuk bepergian, maka mulailah  menongkrongi chanel national geographic, dijamin dalam waktu singkat anda akan segera mengemasi pakaian anda dan segera terbang untuk berkelana.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s