Bukan mengukir diatas air: belajar diusia dewasa

Belajar bahasa sebaiknya diusia remaja atau kalau bisa diusia yang lebih muda lagi. Kenapa? bukan karena kemampuan belajar orang dewasa lebih lambat dibandingkan dengan usia yang lebih muda namun pada umumnya orang dewasa memiliki lebih sedikit waktu. Orang dewasa juga memiliki banyak tanggung jawab sehingga kadang mereka tidak bisa fokus untuk belajar.  Di kelas bahasa Prancis, umumnya teman-teman sekelas berusia jauh lebih muda dari pada saya.  Bahkan ada yang masih duduk di bangku SMP.  Banyak yang SMA dan juga anak kuliahan dengan usia yang masih belia. Mereka memiliki kecerdasan, hasrat, keingintahuan, dan juga ketertarikan untuk belajar bahasa.  Kebanyakan dari orang-orang yang duduk di kelas saya berbicara lebih dari dua bahasa asing. Sepulang sekolah atau kuliah mereka harus mengikuti kursus yang lain, tetapi tetap meluangkan waktu untuk mengasah kemampuan bahasa mereka dirumah.

Yang saya pelajari dari teman-teman di kelas saya yang muda, untuk bisa cepat belajar bahasa, anda harus memiliki “passion”.  Teman sekelas saya bermimpi (atau sebagian memang akan melakukan) bersekolah di Prancis.  Mereka sudah mengidentifikasi universitas yang mereka inginkan.  Ada juga yang belajar bahasa Prancis karena mereka suka belajar bahasa baru, dan kenapa bahasa Prancis? karena bahasa Prancis sulit dan mereka tertantang untuk mencoba. Sewaktu SMA, saya memiliki teman yang belajar bahasa Jepang. Mereka sudah bisa berbicara bahasa Jepang cukup lancar dalam kurun waktu tiga tahun.  Mereka selalu mengajak dan meyakinkan saya untuk bergabung.  Tetapi pada usia itu saya malah lebih sibuk mengambil kursus di bidang eksak seperti kimia, fisika, dan lain-lain.  Pernah terlintas penyesalan, kenapa saya tidak memanfaatkan waktu muda saya untuk belajar bahasa.  Atau ketika saya kuliah, saya bisa mengikuti kursus bahasa Jepang, atau Jerman, tetapi lagi-lagi alasan keterbatasan waktu dan jadwal kuliah yang padat menjadi kendalanya.

Benarkah saya dulu sesibuk itu sehingga tidak memiliki waktu? mungkin tidak, namun ketertarikan yang masih kurang dan pada saat itu saya juga tidak berfikir bahwa bahasa asing itu penting.  Sekarang disaat saya sadar usia saya sudah terlambat dan saya harus bertanggungjawab terhadap banyak hal dalam hidup saya.  Termasuk dalam mengatur waktu. Bagaimanapun saya harus disiplin.  Saya harus bisa meluangkan waktu minimal dua jam dalam seminggu untuk mengulang apa yang saya pelajari di kelas di rumah. Terus apa motivasi saya belajar bahasa Prancis? bagi anda yang sudah berkunjung ke blog saya sebelumnya, anda mungkin mengetahui ketertarikan saya untuk berkunjung ke daerah miskin di Africa yang kebanyakan adalah jajahan prancis dan mereka berbahasa Prancis. Namun saat ini ketika mimpi tersebut hampir menjadi kenyataan saya bertanya kepada diri saya, apakah saya masih akan mengejar African Dream tersebut? kenapa saya mau melakukannya? apakah saya siap untuk melepaskan apa yang saya miliki sekarang dengan kemungkinan saya akan kehilangan semua apa yang sudah saya bangun?

Apakah itu harga dari sebuah mimpi? Jika saya menggunakan logika maka saya jawabannya adalah saya harus melupakan mimpi tersebut.  Taruhannya lumayan besar.  Namun jika saya bertanya kepada hati, jawabannya adalah iya. Ini adalah yang saya inginkan.  Dan selama 10 tahun semua yang saya kerjakan dan juga semua planning yang saya bikin arahnya adalah demi pencapaian mimpi tersebut.  Mimpi yang dulu dianggap tidak masuk akal dan aneh oleh orang-orang sekeliling saya. Sekarang saya mendapatkan dukungan penuh untuk itu.  Dan saya juga sudah berjuang untuk tahap pencapaiannya. Terus apa yang akan saya lakukan? saya  menyerahkan semua keputusan ke tangan tuhan.  Jika saya akhirnya memenangkan kesempatan itu, maka saya akan mengambilnya, terlepas dari harga yang saya korbankan, dan jika saya belum berhasil kali ini maka mungkin itu juga demi yang terbaik, tapi saya akan tetap mencobanya.

Leave a Reply

