Kuliner Jambi: Tempoyak Baung

Jika anda kebetulan menginjakan kaki di daerah Bangko, Jambi, maka jangan lupa untuk mampir di rumah makan yang menjual masakan khas Jambi.  Rumah Makan Perentak yang terletak di jalan syamsuddin uban (dekat pasar bawah) adalah salah satu rumah makan yang menjual gulai tempoyak (patin atau ikan baung) yang merupakan makanan khas Jambi.  Ikan baung adalah ikan sungai yang harganya cukup mahal namun rasanya sangat enak, apalagi kalau dijadikan gulai tempoyak.  Selain gulai tempoyak rumah makan tersebut juga menjual banyak jenis ikan sungai lainnya yang dimasak asam pedas dan gulai.  Selain itu juga ada telur ikan yang dipepes, sayur pakis yang super lezat, ikan asin dicampur terong dan jengkol.   Rumah makannya tidak terlalu besar, namun bagi warga Bangko rumah makan tersebut cukup terkenal.

Untuk rumah makan di kota Jambi, pengetahuan saya terbatas.  Ketika saya di kota Jambi saya tertarik untuk mencicipi ikan Patin.  Teman saya menyarankan agar saya pergi ke Rumah Makan Aroma Cempaka di Kebun Manggis, atau ke Rumah Makan Sari Nande di kawasan Murni. Saya akhirnya memutuskan mengunjungi rumah makan Sari Nande.  Menu utama Sari Nande adalah chinese food (capcay, seafood, beragam mie dan lain-lain).   Tetapi Sari nande juga menjual ikan patin yang bisa dimasak asam pedas atau dimasak tempoyak.  Saya mencoba dua-duanya.  Rasanya lumayan enak, namun jika anda sudah pernah mencicipi ikan tempoyak di RM Perentak maka pendapat anda akan sama dengan saya kalau tempoyak di RM Perentak masih tetap yang terbaik.

Selain di rumah makan tersebut, saya juga sempat mencicipi Ikan Asam Pedas di salah satu warung kecil dipinggir sungai batang hari.  Yang jualan adalah adalah Ibu-ibu turunan bugis, pilihannya tidak banyak namun rasanya luar biasa enak.

Leave a Reply

