Writer’s block

Pernahkah anda sangat menginginkan sesuatu? Menginginkannya dengan sangat, sehingga setiap langkah yang anda tempuh adalah demi upaya pencapaian keinginan tersebut?

Saya pernah.  Saya memiliki mimpi dan saya telah berjuang untuk menggapai mimpi tersebut 10 tahun terakhir. Setiap hari setiap menit saya tidak pernah berhenti memikirkannya.  Seluruh orang terdekat saya mengetahui mimpi saya tersebut dan banyak dari teman saya mendukung saya untuk mewujudkannya.   Sayapun berusaha keras mewujudkannya.

Namun sekarang, ketika banyak langkah dan usaha sudah saya lakukan dan sayapun sangat dekat untuk menggapai impian tersebut, saya malah menjadi sedikit ragu.  Semuanya sudah berjalan sesuai dengan harapan kesempatan dan dukungan sudah saya dapatkan. Yang saya butuhkan adalah menyelesaikan beberapa tugas kecil untuk menggapai mimpi besar tersebut.  Entah kenapa, saya sendiripun sulit memahaminya, saya masih belum juga menyelesaikannya.  Padahal waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas tersebut tidak akan lebih dari setengah hari.

Setelah sedikit perenungan, sayapun sampai pada kesimpulan, mungkin permasalahan saya belum bisa menyelesaikan tugas kecil terkait mimpi saya tersebut adalah karena “saya sangat menginginkannya’ dan saya memiliki ketakutan bagaimana ketika mimpi tersebut sudah hampir didalam genggaman dan dia lepas? Teman saya menyebut situasi saya saat ini mirip dengan situasi ‘writer’s block’.

Saya harus menuliskan sesuatu, saya memiliki gambaran lengkap mengenai hal yang ingin saya tulis namun karena saya ingin menulisnya dengan ‘sempurna’ saya berakhir dengan tidak menulis satu katapun. Saya teringat dengan pepatah mencintai adalah melepaskan. Artinya ketika saya menginginkan sesuatu dengan sangat, saya juga harus sanggup untuk melepasnya. Hal tersebut akan membebaskan saya dari fikiran bahwa saya harus mengerjakan tugas dengan sempurna. Tanpa tekanan ‘kesempurnaan’ saya akan mampu menyelesaikan tugas saya dengan tepat waktu. Mengenai hasil, biarkan roda kehidupan dan nasib yang menentukan. Yang pasti, anda berusaha dulu, berusaha dan terus berusaha. Hasil adalah bonus yang menyusul.

Leave a Reply

