Cara mudah belajar bahasa asing

Seharusnya saya menghadiri kelas bahasa Prancis hari ini.  Dan menjadi murid paling tua ditengah murid-murid remaja lainnya.  Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar, lifelong education, jadi kenapa tidak.

Hanya saja, ketika kita bekerja fulltime dan ketika kita masih bersekolah di bangku SMP atau SMP situasinya jauh berbeda.  Teman sekelas saya, memiliki banyak waktu luang untuk mengulang pelajarannya di rumah.  Dan mereka juga tidak perlu berfikir untuk mencari uang karena semua kebutuhan sudah dicukupi oleh orang tua mereka.  Dari penampilan saya yakin hampir seratus persen adalah orang yang berada.

Kemampuan berbahasa mereka luar biasa, hampir semuanya sudah lancar berbahasa Inggris, beberapa juga menguasai bahasa Mandarin, dan beberapa bahasa asing lainnya. Dan untuk bahasa Prancis, mereka juga cepat belajar.

Saya merasa kalau saya jauh tertinggal oleh rekan-rekan sekelas saya. Saya tidak pernah mengulang pelajaran di rumah karena kesibukan saya.  Dan itu adalah kesalahan besar.  Kunci dari kesuksesan adalah dengan terus mengulang pelajaran, menimal 30 menit setiap harinya.  Menurut panduan belajar bahasa asing, waktu belajar 30 menit setiap hari jauh lebih efektif dibandingkan dengan belajar bahasa asing 3 jam namun hanya satu kali dalam seminggu.

Bekerja memang membuat anda sibuk dan lelah namun hal itu tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak mengalokasikan waktu di rumah untuk mengulang pelajaran.  Sekarang jika saya masuk kelas saya tidak bisa mengerti apapun, karena kursus disampaikan dalam bahasa prancis, saya harus mengerutkan dahi untuk bisa mengetahui maknanya. Bahkan tak jarang saya tidak tahu apa yang diucapkan oleh gurunya. Menurut mereka metode ini efektif. Namun menurut saya untuk tikat basic hal ini tidak efektif. Guru saya orang Indonesia, namun bahasa Prancis dia sangat lancar.

Jika saya masuk hari ini hanya akan membuat saya bertambah bingung dan waktu yang habiskan di kelas cukup signifikan, sayang kalau harus terbuang percuma.  Saya akan memperbaiki kesalahan saya dengan belajar rutin sendiri selama minimal 30 menit setiap harinya. Seperti hari ini, dibandingkan saya habiskan di kelas selama 4 jam, saya merasa lebih baik saya belajar sendiri selama satu jam.  Ilmu yang akan saya dapat akan lebih banyak dengan saya belajar sendiri untuk situasi sekarang.  Setelah saya bisa mengejar ketertinggalan saya maka saya mulai akan masuk kelas teratur lagi.

Bagi anda yang ingin mengambil kursus bahasa asing, namun masih ragu, saran saya ‘just do it’.  Jika terlalu banyak pertimbangan anda tidak akan pernah jadi melakukannya, meski ketika anda mencoba keraguan anda akan sirna. Belajar bahasa asing tidak akan pernah sia-sia, baik itu bahasa jepang, prancis, mandarin, arab, korea, atau bahasa asing lainnya. Namun penting untuk ingat adalah latihan teratur, kunci sukses belajar bahasa adalah latihan dan latihan.

Leave a Reply

