Small things to make difference

Saat ini saya sedang membaca buku berjudul: Stones into Schools. Saya baru membaca 15 halaman dan saya langsung jatuh cinta dengan buku tersebut.  Dari buku itu saya belajar bagaimana hal kecil bisa membuat perbedaan.  Dan meski saya belum menyelesaikan buku tersebut, saya mendapatkan inspirasi untuk mulai membuat perubahan dari hal kecil.  Jika tidak sekarang terus kapan?

Apa yang akan saya lakukan? Well, saat ini saya memiliki dua ide, namun saya akan mulai dahulu dengan ide yang paling gampang.  Ide pertama adalah: saya akan menghibahkan buku berupa give away dengan nominal maksimal 1.000.000 rupiah setiap tahunnya kepada sekitar 10 pemenang (syarat dan ketentuan berlaku dan akan saya rumuskan kemudian).  Uji coba ide ini akan dilakukan mulai dari tanggal 1 Januari 2011 hingga Desember 2011 (satu tahun).  Gambaran ketentuannya adalah: saya akan akan mengajukan pertanyaan dan meminta orang-orang yang tertarik untuk mendapatkan buku gratis untuk menuliskan essay singkat. Pertanyaan akan terkait dengan bagaimana kita sebagai individu bisa berkonstribusi untuk membuat dunia yang lebih baik.  Semua ide tentang pembangunan, perubahan, dan lain halnya akan dituangkan dalam essay tersebut.

Penilaiannya akan sangat subjektif, karena yang akan menjadi donatur dan menjadi juri adalah saya.  Jikalau ada orang lain yang terlibat dalam penilaian, paling adalah opini dari beberapa sahabat saya. Dari essay yang masuk saya akan memilih beberapa essay yang menurut saya layak menjadi pemenang.  Bagaimana mekanismenya lebih lanjut akan saya fikirkan.

Ide kedua adalah: saya percaya bahwa dengan keluar dari zona nyaman, bepergian, bertemu orang baru dan komunitas baru akan menjadikan orang lebih open minded dan lebih peduli dengan keberagaman.  Orang-orang yang sering bepergian, dan belajar dari perjalanannya akan lebih peka dan sensitif dengan bumi yang dia tinggali dan terhadap orang-orang yang berada disekitar-nya. Mereka akan lebih terpacu untuk bekerja keras dan akan menjadi individu yang dinamis.  Namun tidak semua orang memiliki sumberdaya untuk bepergian.  Oleh karena itu saya berfikir untuk memberikan hibah kepada sekitar dua orang (khususnya pelajar dari keluarga sederhana atau tidak mampu untuk membiayai perjalanannya ke luar negri: negara di asia tenggara), dengan nominal maksimal satu tahunnya 1, 2 juta rupiah.  Hibah dalam bentuk tiket yang akan saya pesankan lewat Air Asia (dan kalau bisa tiket promo), trus hotel juga atau penginapan murah sekelas hostel backpackers, dan transportasi lokal.  Orang tersebut juga akan diminta untuk menuliskan essay.  Trus sepulang dari perjalanan dia juga akan diminta untuk menuliskan pengalamannya.  Kalau untuk ide kedua ini akan diujicobakan di tahun 2012.  Setelah melihat respons dari buku gratis.

Jika anda kebutulan membaca posting ini dan tertarik untuk mendapatkan buku gratis (senilai maksimal 100 ribu, hanya satu buku) maka kembali lagi sekitar awal tahun untuk melihat pertanyaan. Saya akan membuka satu bagian lagi di blog saya: Rich Farmer Give Away.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

