Running for Better You

Anda tidak akan bisa lari dari hidup atau realitas.  Namun anda selalu bisa “lari” di jogging track atau di treadmill.  Apakah anda penggemar ‘jogging’ atau ‘running’? Seberapa sering anda meluangkan waktu anda untuk berlari setiap harinya? Seberapa banyak energi yang anda bakar ketika anda berlari? Apa yang anda rasakan ketika anda berlari?

Sangat banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari jogging atau running. Baik manfaat fisik maupun manfaat secara psikologis.  Kardivaskular anda akan menjadi lebih baik dengan berlari. Dengan berlari anda akan membakar lemak sehingga bagi anda yang tertarik untuk mengurangi berat badan, jogging dan running bisa dijadikan pilihan.  Dengan berlari otot kaki, perut dan paha juga akan menjadi lebih kencang.   Berlari bisa meningkatkan daya ingat, menghilangkan ketegangan dan stess, membentuk fikiran positif dan banyak manfaat lainnya.

Saya adalah penggemar olahraga lari.  Dengan berlari saya merasa bebas.  Bebas dari rutinitas pekerjaan, deadline, tuntutan hidup, dan banyak hal lain.  Dengan berlari saya terbebas dari perencanaan atau hal-hal yang harus saya kerjakan.  Saya terlepas dari mimpi dan juga keinginan. Ketika berlari hanya ada saya dan detak jantung serta kecepatan.  Perasaan ketika berlari tidak bisa saya lukiskan.  Meskipun saya lebih sering berlari di treadmill namun saya suka membayangkan kalau saya sedang berlari di padang savanna di Afrika atau berlari dipinggir pantai ditemani deru ombak dan sinar matahari pagi.  Rasanya sungguh menyenangkan.

Sehabis berlari anda akan merasa sangat senang.  Ketika berlari tubuh melepaskan horman endorphine yang membuat anda senang, yang efeknya mungkin menyerupai morfin.  Iya, ternyata tubuh kita bisa memproduksi sejenis morfin alami.  Jadi ketika bisa mendapatkan gratis kenapa harus membeli? Bagi anda yang ingin berlari untuk bisa merasa ‘high’ atau senang maka berlarilah.  Dengan berlari anda akan lebih banyak tersenyum dan akan terbebas dari apapun permasalahan yang sedang anda hadapi.

Saya sendiri secara fisik merasa lebih fit setelah lebih kurang 3 bulan berolahraga lari secara teratur.  Saya merasa perut saya lebih kencang dan saya merasa lebih bugar.  Meski saya belum merubah pola makan dan pola tidur juga masih berantakan, namun ada beberapa hal menjadi lebih baik dengan berlari secara teratur. Jadi tunggu apa lagi, segeralah kenakan sepatu anda dan berlarilah.  Berlarilah mengejar mimpi, berlarilah untuk menjadi sehat, berlarilah untuk menjadi langsing, berlarilah untuk menjadi diri anda yang lebih baik.

 

 

Leave a Reply

