Kebun Binatang Surabaya, kebun binatang tertua?

Kebun binatang Surabaya ternyata lumayan, dan direkomendasikan untuk dikunjungi.  Kebun Binatang Surabaya ini katanya di bangun di abad 19an dan merupakan kebun binatang yang tertua di Asia Tenggara.  Kebun binatang Surabaya ini katanya memiliki luas kurang lebih sekitar 4 ha. Harga tiket masuk ke kebun binatang Surabaya adalah sebesar 15.000 rupiah.

Pesawat yang akan membawa saya ke Jakarta baru akan berangkat jam 3 sore.  Awalnya saya berencana untuk tinggal di Hotel dan bekerja.  Hotelnya dilengkapi oleh koneksi internet, jadi saya bisa memeriksa email kantor dan informasi lainnya.  Tapi entah ketika bangun pagi saya berfikiran sayang jika waktu kosong saya di Surabaya dan hanya akan di habiskan di hotel.  Untuk pekerjaan saya bisa bekerja di Rumah sesampai-nya di Jakarta atau saya juga bisa bekerja di malam hari untuk menyelesaikan laporan.  Akhirnya saya memutuskan untuk keluar hotel namun saya belum tahu mau pergi kemana.  Pagi hari ketika saya sarapan, sayapun browsing mencari tempat wisata menarik di Surabaya untuk di kunjungi.  Hampir semua wisata dalam kota sudah saya jelajahi April lalu ketika saya liburan ke Surabaya.

Akhirnya saya menemukan satu tempat di tengah kota yang belum saya kunjungi, yaitu kebun binatang surabaya.  Berdasarkan informasi di Internet, jenis satwa disana cukup beragam, ada jerapah, gajah, harimau, dan banyak hewan lainnya.  Ketika saya sedang asyik mempelajari mengenai kebun binatang, salah seorang kenalan yang saya jumpai  di Hotel bernama Andi ikut sarapan di meja saya.  Dia bekerja disalah satu maskapai penerbangan  yang namanya cukup dikenal di Indonesia.  Dia akan menginap sekitar tiga mingguan di Surabaya.  Sayapun iseng menanyakan kegiatan dia hari itu dan menjelaskan niat saya untuk pergi jalan-jalan ke kebun binatang.  Lumayan jika dia ikut, saya jadi memiliki teman dan kemungkinan ongkos taksi juga bisa dibagi.  Dia bersedia ikut dan ternyata dia juga hobi jalan dan fotografi.  Saya minta izin mandi dulu dan setengah jam kemudian kita meninggalkan hotel dan berangkat ke kebun binatang.

Hotel saya berada di dekat bandara, dan ongkos dari hotel kebun binatang hanya sekitar 55.000 rupiah dengan Bluebird, jarak tempuh sekitar setengah jam.  Setelah membeli tiket masuk, kitapun mulai hunting foto.  Hewan pertama yang kita temui adalah burung merak.  Kemudian beberapa jenis burung lainnya.  Kemudian kita bertemu dengan harimau.  Harimau di kandang paling kanan terlihat buas, dan dikandang lainnya ada harimau yang tertidur lelap.  Yang paling menarik adalah melihat beruang.   Beruang tersebut berdiri mirip penguin ketika salah seorang pengunjung melemparkan makanan.  Dia juga berlari-lari dan bermain air.

Perpustakaan hewan di kebun binatang tersebut juga wajib untuk dikunjungi.  Disitu anda dapat menyaksikan beragam satwa mati yang sudah diawetkan.  Ada beruang, ada harimau, ada beragam jenis ikan dan bahkan ada bayi gajah yang belum lahir.  Masuk ke perpustakaan tersebut gratis.  Untuk dapat dilayani anda harus proaktif untuk bertanya.  Jika tidak anda hanya akan melihat penjaganya menonton sinetron di televisi.  Namun jika anda bertanya mereka akan antuasias menjelaskan proses pengawetan hewat tersebut kepada anda. Lumayan ilmu anda akan bertambah.

Hal yang paling menarik adalah ketika mendekati pintu keluar kita bisa menyaksikan monyet di habitat menyerupai aslinya.  Ada domba sungai juga. Jerapah juga tidak kalah menarik.  Jerapahnya terlihat sehat dan menggemaskan meski penampakannya tinggi menjulang.  Bagi anda yang tinggal di Surabaya tidak ada salahnya jika menghabiskan waktu anda di kebun ini.  Kebun Binatang ini tidak terlalu bersih, padahal jika kebun ini terawat dengan baik saya yakin kalau kebun ini akan menjadi salah satu tempat favorit di Surabaya.

Sunday, 19 December 2010.