Kemudahan Internet Banking

Dari dulu saya ingin memiliki layanan internet banking, namun entah mengapa saya tidak kunjung jua mengurusnya.  Hal ini kemudian berimplikasi kepada keterlambatan membayar tagihan, seperti tagihan berlangganan Indovision, tagihan kartu kredit dan banyak tagihan lainnya.  Tidak hanya itu, sering saya kehabisan pulsa dan harus menghubungi teman untuk minta dikirimkan pulsa melalui sms dan internet Banking-nya.

Begitu banyak kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi namun entah kenapa saya tidak cukup cepat tanggap untuk mengikutinya.  Termasuk dalam telefon genggam, begitu banyak filtur menarik yang bisa membantu orang dengan mobilitas tinggi atau bagi orang-orang yang pelupa dan tidak organise seperti saya.  Saya harus ke ATM untuk melakukan pembayaran, dan hal tersebut cukup menghabiskan waktu, dan tak jarang kadang kita harus mengantri di ATM.  Dalam pembelian beberapa layanan online, saya terpaksa harus jalan ke ATM untuk melakukan pembayaran agar pesanan saya bisa diproses.  Misal ketika membali domain dan hosting internet atau ketika membeli kartu nama yang dipesan online.

Dengan internet hidup menjadi lebih mudah. Dan akan lebih mudah lagi ketika ditunjang oleh Internet Banking.  Bagi anda yang menghargai waktu, anda pasti setuju dengan saya bahwa Internet Banking dapat membantu kita dalam banyak hal.  Meskipun demikian, sama halnya dengan kartu kredit, kita perlu untuk mempelajari resikonya.  Tingkat kejahatan online juga semakin tinggi sekarang.  Jika kita tidak hati-hati, bisa-bisa tabungan kita kebobolan. Atau dalam hal kartu kredit kita berakhir dengan tagihan yang kita sendiri tidak pernah menyadari pembelian tersebut.

Untuk mengurangi resiko penggunaan Internet Banking, maka usahakan agar tabungan anda di rekening yang anda gunakan untuk internet banking jumlahnya terbatas. Jangan hasil tabungan dan seluruh kekayaan anda, anda simpan disana.  Sebagai contoh, saya memiliki tabungan mandiri dan BCA, saya menggunakan rekening di Bank yang jumlahnya lebih sedikit.

Manfaat teknologi ini akan lebih terasa lagi ketika anda memulai sebuah usaha.  Anda harus mampu menawarkan kemudahan bagi klien anda.  Termasuk dalam hal kemudahan pembayaran.  Banyak pelanggan yang enggan membayar ke Bank yang berbeda dengan Bank yang mereka gunakan karena mereka harus membayar biaya tambahan.  Untuk di Indonesia, dua Bank besar yang bisa dijadikan jaminan adalah BCA dan Mandiri.  Dengan memiliki account di dua bank tersebut bisnis anda dijamin akan lebih lancar.

 

 

Leave a Reply

