Tahun Baru Resolusi Baru

Sadarkah anda ketika anda bangun tahun 2010 sudah meninggalkan anda? Siapkah anda dalam menghadapi tahun baru, apa saja yang sudah anda persiapkan? Apakah tahun baru akan berjalan sama dengan tahun sebelumnya? Atau akankah ada sesuatu yang berbeda, sesuatu yang lebih baik? Sudahkah anda membuat perencanaan untuk tahun baru 2011 ini?

Apakah anda akan membeli mobil baru, rumah? Atau anda ingin melanjutkan sekolah? Atau anda ingin membuat perubahan pada karir anda? Keluar dan mencari pekerjaan baru? Atau anda sudah membuat keputusan kalau anda akan meninggalkan kekasih anda? Atau bercerai dengan pasangan anda? Apakah berat bagi anda untuk membuat keputusan? Apa yang anda harapkan di tahun ini?

Jika anda tidak memikirkan dan merenungkan serta mempertanyakan hidup anda, percayalah anda akan berada di malam tahun baru dan menyadari dari semua pergantian tahun anda tetap sama. Karir anda masih tetap ditempat, pola makan anda tidak berubah, kehidupan sosial anda juga berjalan seperti biasa. Jika anda tidak menyukai pekerjaan anda maka anda akan tetap menjalani rutinitas tetapi tidak akan pernah menikmatinya.

Kemarin saya mendengar kalau ada teman dari kakak saya yang keluar dari BUMN untuk pindah bekerja di luar Jakarta menjadi pegawai negri sipil. Banyak rekan-rekan kerjanya di BUMN bilang kalau hal tersebut bukan keputusan yang pintar. Gaji sangat tidak bisa dibandingkan, gaji BUMN lebih baik. Bekerja di Jakarta membuka segudang kesempatan. Jakarta pusat teknologi, pusat makanan, pusat perbelanjaan. Sedangkan daerah yang dia tuju adalah daerah yang relatif kurang berkembang di Indonesia. Namun uang bukan segalanya bagi orang tersebut. Dia lebih suka kehidupan yang tenang bebas macet. Dia lebih menyukai kehidupan sederhana dimana ketika bertemu sehabis liburan bukan berbicara barang apa yang dibeli ketika liburan ke singapore atau diskon apa saja yang ada saat ini.

Meninggalkan pekerjaan, dia akan kehilangan pendapatan yang signifikan. Dan tidak hanya itu, dia mungkin juga akan melepaskan gengsi, bahwa bagi beberapa orang bekerja di kantor BUMN ternama adalah ‘keren”. Mungkin tidak mudah bagi dia ketika membuat keputusan ini, tetapi fakta bahwa dia akhirnya membuat keputusan adalah hal yang patut dikagumi.

Renungkanlah kembali hidup anda, apa yang anda inginkan ditahun ini? Apa yang ingin anda raih, apa yang ingin anda lepaskan? Apa yang harus anda lakukan sehingga hidup anda lebih berbahagia di tahun ini.

Selamat tahun baru 2011. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s