Begin New Year with Failure

When defeat comes, accept it as a signal that your plans are not sound, rebuild those plans, and set sail once more toward your coveted goal.
— Napoleon Hill

Apakah anda pernah mengalami kegagalan? Apakah kegagalan tersebut membuat langkah anda surut? Apakah anda menyesali diri karena anda telah gagal? Apakah anda bersedih? Apakah anda kecewa?

Sebagai manusia biasa tentunya kita kecewa dan juga bersedih jika rencana kita tidak berjalan sesuai dengan harapan. Kita akan merasa kecewa jika kita mengalami kegagalan.  Reaksi terhadap kegagalan ada bermacam-macam.  Ada orang yang menyerah dan melupakan mimpinya setelah mengalami satu kali kegagalan namun ada juga yang terus maju pantang mundur meski menghadapi ratusan kali kegagalan. Tipikal yang manakah anda?

Adalah wajar untuk mengalami kegagalan, namun jangan pernah berhenti berharap dan berusaha.  Seperti kata pepatah, ‘patah satu tumbuh seribu” Satu kegagalan yang anda hadapi akan digantikan dengan seribu kesempatan.

Beberapa hari yang lalu saya semangat menulis artikel mengenai rencana bisnis yang hendak saya jalankan.  Saya memiliki ide yang cukup sempurna.  Sayapun mengontak potensial network yang bisa diajak kerjasama. Tips dalam berbisnis adalah anda tidak bisa sukses sendiri, maka oleh karena itu saya mengontak jaringan.  Namun sekalipun orang yang anda kontak adalah orang yang anda kenal dengan baik, seorang teman, yang menurut anda memiliki kapasitas untuk bekerjasama, namun belum tentu mereka antusias dengan bisnis anda.

Bahkan sekalipun akhirnya bisnis itu berjalan, tidak jarang anda akan menemukan rintangan dan juga kegagalan. Awal tahun seharusnya menjadi awal yang baik.  Saya mempersiapkan perencanaan satu tahun kedepan dan menuliskannya.  Butuh dua hari bagi saya untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan dan juga peluang.  Saya juga membaca horoscope mengenai tahun kelinci yang akan membawa banyak hoki.

Tetapi baru beberapa hari tahun berjalan saya sudah menghadapi kegagalan demi kegagalan.  Hal yang tidak anda perkirakan terjadi.  Tetapi seperti kata pepatah, kegagalan adalah sukses yang tertunda.  Jadi tidak seharusnya kita bersedih ketika mengalami kegagalan.  Ketika satu pintu tertutup maka pintu yang lain terbuka.  Hidup tidak akan pernah stagnan, jika sekarang anda merasa anda sial, maka percayalah beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian anda mungkin akan merasa kalau anda orang yang beruntung di dunia ini.

Jika anda sama dengan saya, awal tahun tidak berjalan seperti yang anda harapkan, maka bersedihlah, namun jangan pernah berhenti berjuang.  Maju terus dan sukses akan anda raih.

If you are not big enough to lose, you are not big enough to win.
— Walter Reuther

One thought on “Begin New Year with Failure

  1. Hai coy! Betul itu!

    Dan, lu memang membuktikannya!
    Ingat kolam lele kita yang gagal gara-gara tandonnya raib? Nah, pada akhirnya lu bikin juga kan!😀

    BTW, cek blog gua. Gua nulis sesuatu tentang lu hehehe.

Leave a Reply

