Enjoy Jakarta

Pengalaman hidup mengajarkan saya agar mensukuri apa yang kita miliki saat ini dibandingkan dengan menangisi apa yang tidak kita miliki.  Saya juga belajar agar kita harus menjalani hidup di masa ‘ini’ bukan dimasa ‘lalu’ dan juga bukan dimasa ‘mendatang’.  Sering kita terperangkap antara lalu dan masa mendatang.  Tetapi percayalah, kita baru akan bisa menikmati hidup jika kita hidup dimasa sekarang. Setidaknya itulah yang saya rasakan saat ini.

Tinggal di Jakarta tidak terlalu menarik bagi saya. Hal ini membuat fikiran saya selalu mengembara ke masa lalu, dimana saya tinggal di daerah pantai dengan pemandangan yang mempesona, jalanan lancar bebas macet dan anda dengan mudah bisa mendapatkan kepiting dan ikan dengan harga murah.  Bayangan membakar ikan ditepi pantai, trekking di daerah perbukitan mengisi lamunan saya di Jakarta.  Hal ini membuat saya tidak bersemangat menjalani weekend di Jakarta.  Jikalaupun saya bertemu dengan teman, selalu kita bertemu di mall.  Dan setelah menghabiskan sepiring makanan dan dua gelas minuman kita akan melanjutkan acara dengan mengitari konter ke konter lainnya dan berakhir dengan berbelanja.

Sering saya berharap kalau saya dipindah tugaskan.  Saya membayangkan kalau saya berada di tepi bukit atau di tepi pantai di daerah indonesia timur.  Saya tidak hidup dizaman sekarang.  Sayapun disadarkan agar saya harus merubah cara berfikir saya.  Saya harus hidup di masa sekarang, bukan masa lalu dan juga bukan masa depan.  Hal ini membuat saya tergerak untuk melihat sisi lain dari lingkungan saya, dari pekerjaan saya, dari teman-teman yang ada disekeliling saya, dan juga melihat sisi lain dari Jakarta itu sendiri.

Sayapun mengusulkan tur Jakarta sebagai ganti nongkrong di mall. Saya meyakinkan teman saya bahwasanya dengan tur ini kita akan lebih banyak bergerak, kita akan lebih tahu lingkungan dimana kita tinggal, kita akan lebih pintar, dan kita tidak akan kehilangan “fun”.  Tanpa penjelasan yang panjang, dua orang sahabat saya segera setuju dengan usulan tersebut.

Tadi sore kita berangkat bertiga dengan menggunakan taksi menuju Monas, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan busway ke Kota Tua.  Sungguh kita terpesona dengan sisi lain Jakarta.  Meskipun ketika di rumah badan terasa lelah tetapi saya akan tertidur dengan perasaan puas dan senang.  Kedepan, saya akan mempelajari lebih banyak lagi hal-hal disekitar saya.  Dan saya akan menjalani waktu saya sekarang semaksimal mungkin. Enjoy Jakarta!

 

Leave a Reply

