We are no “God”

Hal ini bukan topik yang biasa saya tulis. Namun ketika melihat apa yang terjadi, sungguh saya tidak tahu harus berucap apa.  Saya tidak bisa membayangkan bagaimana manusia yang mengaku beriman bisa menjadi sangat biadap dan mampu membunuh orang lain yang sudah tidak berdaya.  Penganiayaan yang berakhir dengan terbunuhnya 3 jamaah Ahmadiyah sungguh keterlaluan.  Saya tidak bisa membayangkan bagaimana perasaan anak dan saudara dari si korban.  Apalagi ketika mereka melihat video yang dapat disaksikan oleh berjuta orang di youtube.

Siapa kita sehingga kita berhak untuk menghakimi? Siapa kita sehingga merasa kita lebih benar? Bukankah didalam ajaran manapun tidak ada yang menganjurkan untuk menghilangkan nyawa seseorang? Apakah kita sudah cukup ‘bersih’ sehingga kita bisa ‘mencuci’ apa yang menurut kita kotor?

Hari ini saya barus saja menguburkan dua ekor kelinci saya yang mati dimakan oleh tikus got.  Saya terpaku cukup lama dan meratapi serta menyalahkan diri bagaimana saya sudah begitu ceroboh sehingga membuat kelinci saya terbunuh.   Saya merasakan sangat bersedih ketika saya membayangkan dua kelinci putih lucu tersebut sudah meninggal.  Saya sedih kehilangan dua kelinci.  Sekarang coba bayangkan jikalau anda harus kehilangan 3 orang.  3 orang makhluk hidup yang harus meregang nyawa hanya dikarenakan tindakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Akankah si pembunuh menyesali perbuatannya? Apakah dia yakin kalau dengan melakukan perbuatan yang tidak terpuji tersebut mereka akan dicintai oleh tuhannya?

Siapapun yang membaca artikel ini. Perhatikanlah anak dan keluarga anda. Jangan biarkan hati dan fikirannya dirasuki oleh nilai-nilai anarkis, meskipun  mengatasnamakan agama.  Didiklah orang-orang disekeliling kita agar lebih berfikiran terbuka dan tidak main hakim sendiri. Di dalam masyarakat yang demokratis banyak cara untuk mengungkapkan aspirasi.  Jika anda tidak setuju dengan suatu hal, maka ajukanlah keberatan anda.  Ingat, jangan gunakan kekerasan sebagai solusi akhir.

Leave a Reply

