Never Again

Apakah anda punya bayangan berapa ribu atau jutaan orang yang menderita kelaparan di Indonesia? Apakah anda yakin bahwa seluruh warga negara Indonesia memiliki makanan yang bisa dimakan sebanyak tiga kali sehari atau minimal satu kali dalam satu hari?.  Pernahkan terpikirkan oleh anda jika anda tidak memiliki cadangan makanan dan juga tidak memiliki uang untuk membeli makanan selama 3 hari? Mampukah anda tidak makan selama satu hari?

Dengan hujan yang terus mengguyur Indonesia dan belahan dunia lain dan juga kenyataan menyedihkan semakin meningkatnya harga pangan membuat saya berfikir mengenai nasib orang-orang yang tidak beruntung disekeliling kita. Atau bahkan kita sendiri tidak begitu beruntung sehingga kita harus mencari cara untuk “mengaman”-kan diri dan keluarga. Banyak debat di surat kabar dan di televisi yang bisa anda saksikan mengenai meningkatnya harga pangan dan bahkan ancaman kelangkaan pangan di dunia.

Namun lagi-lagi baik krisis pangan dan banyak krisis lainnya selalu dampaknya dirasakan oleh golongan miskin yang tidak memiliki cukup uang untuk ‘menyelamatkan’ diri dan orang-orang yang mereka sayangi.  Jika di rumah anda makanan selalu tersedia dalam jumlah berlebih maka mulailah berfikir mengenai rumah tangga dimana makanan yang tersedia tidak mencukupi.  Jika anda selalu belanja dan memasak lebih dari yang anda butuhkan atau bahkan membuang makanan maka fikirkanlah saudara kita yang kelaparan dan tidak mampu membeli makanan.

Lihatlah ke sekeliling, tetangga dan orang-orang di dalam lingkungan anda, apakah mungkin mereka adalah orang-orang yang tidak mampu makan tiga kali dalam sehari?  Pertanyaan dan diatas lebih saya tujukan untuk saya sendiri.  Saya masih sering membeli makanan lebih dari yang saya butuhkan dan sering saya membuangnya ke tong sampah.  Saya menyadari kesalahan saya dan di tahun ini saya akan melakukan perubahan.  Saya tidak akan lagi membuang makanan.  Saya juga akan mengusahakan untuk selalu menghabiskan makan siang saya dan tidak akan pernah membuangnya. Yup, never again!

Leave a Reply

