Tips memelihara hewan piaraan

Memiliki hewan peliharaan tidak hanya menimbulkan rasa senang.  Namun dibalik kesenangan itu juga muncul tanggung jawab yang besar.  Tanggung jawab dimana kita harus merawat hewan piaraan tersebut, memastikan kalau makanannya cukup, memastikan tempat tinggalnya bersih, hangat dan layak, dan sebagainya.  Meskipun demikian saya tetap akan bilang kalau memiliki hewan piaraan tetap layak dipertimbangkan. Manfaat langsung yang bisa anda rasakan adalah ketika anda bermain dengan mereka, anda akan merasaakan perasaan damai dan bahagia.  Rasa stress dan kepenatan dikantor akan hilang.  Yang ada hanya senyum dan kebahagian.

Hal itulah yang saya rasakan ketika saya memiliki kelinci.  Sebelum saya memutuskan membeli banyak kelinci, saya terlebih dahulu mewawancarai teman-teman saya yang pernah atau yang masih memelihara kelinci.  Dari mereka saya memperoleh informasi kalau jika kelinci yang dipelihara akan dilepas maka sebaiknya jenis yang dipiara adalah kelinci kampung.  Kelinci kampung lebih tahan dengan perubahan cuaca, hujan, panas, dan mereka lebih betah untuk hidup bebas dari pada di kurung.  Sebaliknya dengan kelinci jenis peranakan, mereka lebih senstif terhadap cuaca dan makanan.  Mereka harus dijaga dan disayang.  Dan mereka tidak bisa hidup bebas dan liar.

Hal yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memiliki hewan piaraan adalah apakah anda memiliki cukup waktu untuk merawat mereka.  Jika anda tidak memiliki cukup waktu apakah ada orang, teman, atau saudara yang bisa membantu anda? Jika kedua pertanyaan tersebut jawabannya tidak, sebaiknya anda jangan mencoba untuk memiliki hewan piaraan. Terlebih lagi jika pekerjaan anda juga menuntut anda sering keluar kota. Baik kucing, kelinci atau anjing, kata kuncinya adalah sama, anda harus memiliki waktu yang cukup untuk merawat dan menjaganya.

Memiliki hewan piaraan dapat melatih kesabaran dan juga rasa kasih sayang.  Anda sadari atau tidak, lama kelamaan akan terbentuk hubungan batin yang kuat antara anda dan hewan piaaran anda.  Anda akan sedih jika hewan piaaran anda sakit apalagi jika sampai meninggal.  Tak jarang anda akan tersenyum sendiri jika ingat tingakah lucu hewan piaraan anda.

Selain waktu, hal lain yang harus anda perhitungkan sebelum anda memutuskan memiliki hewan piaraan adalah dana.  Anda harus memiliki cukup anggaran, karena memiliki hewan piaraan tidak mudah.  Kadang dengan keterbatasan waktu, saya sering memberikan wortel untuk kelinci saya di supermarket.  Untuk dua ekor kelinci, saya akan membeli wortel 2 kilo untuk persediaan 2-3 hari.  Harga satu kilo wortel adalah sekitar Rp. 9.000.  Anda juga harus mengalokasikan uang untuk kandang, sampo dan bahkan hairdryer.  Jika anda memandikan kelinci anda, anda harus segera mengeringkannya karna jika tidak kelinci anda akan masuk angin. Hal lain tentu saja kandang kelinci itu sendiri.  Kandang kelinci juga tidak murah, terutama jika anda memiliki lebih dari 10 kelinci.

Kadang ketika kita melihat hewan yang lucu dan menggemaskan kita tergoda untuk mmebeli dan berfikiran kalau kita mmapu merawat mereka.  Namun sering yang terjadi malah sebaliknya.  Awalnya anak merasa senang ketika harus membeli makan atau memandikan hewan piaraan anda, namun tak jarang juga anda merasa bosan dan malas.  Hal inilah yang kadang saya alami.  Sebaiknya anda bermitra dengan teman, keluarga atau pasangan anda.  Jika hanya anda yang menyenangi hewan piaraan maka sering anda akan merasakan kelelahan.  Kadang anda berharap untuk dibantu, dan jika anda yang hanya tertarik dengan hewan tersebut sering anda juga yang harus bekerja sendiri merawat meraka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s