Patah hati patah semangat?

Cinta, pernikahan dan perjodohan selalu menjadi topik yang menarik. Pernahkah anda membayangkan jika seseorang yang anda cintai melakukan tindakan bunuh diri, yang kemudian dia meninggal dan anda tidak akan pernah bertemu dengan dia lagi? Akankah anda masih akan menjadi orang yang sama atau anda akan menjadi orang yang berbeda?

Didalam perjalanan darat di provinsi Riau, di mobil rental yang saya tumpangi mengalun lagu lembut. Setelah hampir 8 jam berkendaraan dengan mobil itu, saya seakan disadarkan jikalau lagu yang diputar selalu lagu-lagu sedih dan beberapa lagu-lagu putus cinta dan patah hati.  Saya yang duduk dibelakang otomatis berseru, meminta agar supir mobil tersebut untuk segera menukar lagu-nya, dan ternyata dia tidak punya koleksi jenis lain. Semua koleksi lagu yang dia miliki hanya lagu-lagu yang mengharu biru.

Kami berkendaraan kurang lebih 3 harian.  Supir tersebut, kita sebut Luki, hampir tidak pernah berbicara sepanjang perjalanan.  Dia hanya menjawab ketika ditanya, bahkan kadang jawaban yang diberikan hanya sebuah senyuman.  Secara fisik, dia keren, berpostur tinggi dan berbadan tegap, dia rapi, dan secara wajah juga lumayan.

Baru di hari ketiga, saya mengetahui kalau Luki pernah patah hati.  Wanita yang menjadi kekasihnya bunuh diri, dikarenakan orangtuanya tidak mengizinkannya menikah dengan luki, dan menjodohkannya dengan lelaki lain, yang secara status sosial dan ekonomi dianggap lebih layak. Wanita itu meninggal.

Apakah luki menjadi pendiam, dan larut di dalam lagu-lagu sedih dikarenakan kehilangan orang yang dia sayangi? hanya dia yang tahu.  Tidak ada diantara kita yang ingin membahas cerita tersebut.  Cerita yang tentu akan membangkit kenangan dan menimbulkan kepedihan yang mendalam. Kitapun akhirnya menikmati lagu-lagu melankolis tersebut.  Di perjalanan tersebut kita menjadi banyak merenung dan berefleksi meski masih diiringi oleh gelak dan tawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s