Laki-laki gagah dan single

Cerita yang akan saya tulis masih mengenai perjodohan, pernikahan, dan percintaan.  Setiap orang mendambakan cinta dalam hidup. Memiliki seorang Romeo dan Juliet adalah dambaan banyak orang.  Ada yang beruntung  ketika dia menemukan orang yang membuat hatinya bergetar dan berikrar untuk mengarungi bahtera kehidupan berdua dalam susah dan senang. Namun  juga ada yang tidak menemukan belahan jiwanya dan tetap menikah karena memang demikianlah kehidupan seharus-nya. Dan ada yang memilih untuk memupuk mimpi, berharap jikalau pangeran/ putri impian itu ada, mereka menunggu hingg sang kekasih datang.

Menunggu, hingga kapankah? Jika perempuan di usia tertentu tidak menikah maka dia dianggap sebagai perawan tua, gila karir, dan setiap kesempatan orang akan bertanya kapan menikah?.  Orang memandang bahwa kehidupannya tidak sempurna. Salah seorang dosen adek saya, perempuan, sering diledek mahasiswanya hanya karena di usia 50 tahun dia belum menikah.

Sedangkan jika lelaki yang belum menikah diusia tertentu sering dianggap ‘tidak jantan’, ‘impoten’ dan gay.  Saya pernah memiliki tim kerja dimana semuanya laki-laki, berjumlah 6 orang.  Salah seorang pria di dalam tim tersebut, sebut Miswar, berusia 35 tahunan dan belum menikah. Miswar sudah memiliki rumah sendiri hasil kerja kerasnya, mobil, dan memiliki beberapa toko yang dikelola oleh anak buahnya.  Dia sempurna secara materi.  Namun dia tidak pernah sempurna dimata teman-temannya karena dia belum menikah. Dia juga tidak memiliki pacar.  Hal inilah yang selalu menjadi bahan bercandaan teman-temannya.

Saya juga memiliki rekan kerja laki-laki, di usia 40an dan dia belum pernah menikah. Beberapa orang menganggap ini sebagai sesuatu hal yang aneh. Orang berpraduga kalau dia gay.  Orang tidak pernah berhenti menanyakan apakah dia sudah punya kekasih dan berencana menikah, seakan orang-orang tidak rela, jikalau dia memilih untuk hidup sendiri hingga akhir hayat-nya.  Sering lelaki single dihadapkan dengan muka heran ketika orang mengetahui mereka belum menikah. Dan orang lebih heran lagi ketika mengetahui kalau mereka adalah pria-pria sukses dalam hal karir dan materi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s