Write your own story

Agama, atau keyakinan adalah topik yang sensitif untuk dibicarakan Dengan agama, orang bisa menjadi penuh kasih sayang, namun atas nama agama juga orang menjadi beringas dan tega menghilangkan nyawa seseorang.   Bagaimana anda mengetahui suatu kebenaran jika anda tidak secara sungguh-sungguh mempelajarinya? Atau bagaimana anda mengetahui jikalau satu hal lebih baik dari yang lain, jikalau anda tidak pernah mengetahui kebenaran lain, diluar apa yang anda ketahui.  Kebenaran dan keyakinan sejati adalah hasil dari pengkajian.  Anda tidak boleh menerima suatu kebenaran sebelum anda mempelajari-nya dengan seksama.  Setelah dari proses pengkajian dan pembelajaran, anda meyakini sesuatu, maka hal tersebut akan menjadi keyakinan sejati.  Dan anda tentunya akan berbangga dari hasil yang anda peroleh.

Meskipun anda sudah sampai pada tahap keyakinan tertentu, tetap, anda tidak boleh menyalahkan keyakinan atau apa yang dipercayai oleh orang lain.  Toleransi, dan berfikiran terbuka adalah kunci dari kerukunan dan kedamaian.  Bagaimana anda bisa membenci orang lain yang berbeda keyakinan dengan anda padahal mereka tidak melakukan kesalahan? Atau bagaimana anda tidak mau berteman dengan orang yang berbeda keyakinan dengan anda, padahal tak jarang jikalau dia lebih baik dari anda?

Topik ini tidak akan pernah berakhir.  Jika orang sudah mempercayai sesuatu, maka sulit bagi orang tersebut untuk menerima perspektif lain diluar apa yang dia yakini.   Tetapi jikalau anda masih bisa berfikiran terbuka, maka mulailah belajar sekarang, gali ilmu pengetahuan seluas luas-nya, lihatlah dunia lain disekeliling anda.  Banyak hal yang belum anda ketahui. Bahwa dunia ideal yang anda bayangkan, belum tentu ideal bagi orang lain.  Dengan kebenaran yang anda yakini, belum menyelesaikan banyak permasalahan di dunia ini.  Berjalanlah, dan amati serta pelajari setiap hal yang kamu temui dalam perjalanan tersebut.  Jangan hanya belajar dari apa yang ditulis oleh orang lain, saatnya anda menulis cerita anda sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s