Kiribati- Negara Cantik di Pasifik

Jika anda pernah membaca buku Trinity, anda tentunya mengetahui negara kecil di Pasifik yang bernama Palau. Jika bukan membaca buku Trinity tersebut maka saya tidak akan pernah tahu. Negara pasifik lain yang namanya familiar adalah Fiji.  Tetapi apakah negara Pasifik hanya dua itu saja, ternyata tidak.  Masih ada negara pasifik lainnya.

Saya mengikuti kelas manajemen, di kelas, ternyata ada dua orang berasal dari negara Kiribati (dibaca Kiribas).  Awalnya saya berfikir jika kedua pria ini berasal dari Bali, mereka berwajah sangat Indonesia. Salah seorang dari mereka, memperkenalkan diri sebagai Thomas, duduk disebelah saya.  Saya agak bingung kenapa dia harus memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.  Baru ketika istirahat saya bertanya mengenai negara asalnya.  Saya jujur bilang tidak pernah mendengar negara Kiribati.  Saya tidak pernah tahu, tetapi nanti malam akan saya google.

Malam kemarin saya google.  Kiribati adalah negara kecil yang berada di atas Fiji.  Negara tersebut lebih kecil dari Fiji, dan berpenduduk kurang dari satu juta. Di negara tersebut tidak ada orang yang menanam beras, sehingga kebutuhan beras mereka harus di import dari Australia, pertanian lain juga hampir tidak ada. Daerah mereka datar.  Tidak ada gunung, tidak ada danau, dan tidak ada bukit.

Kedua orang ini bekerja di Kementrian Keuangan Kiribati.  Di Kiribati sekolah hanya ada hingga jenjang SMA, untuk meneruskan pendidikan, pelajar Kiribati harus ke Fiji atau ke Australia atau New Zealand.  Pemerintah Kiribati menyediakan beasiswa untuk warganya, selain itu juga terdapat beasiswa dari pemerintah Inggris, Australia, New Zealand, dan lain-lain.    Kiribati termasuk dalam negara persemakmuran Inggris, mereka baru merdeka di akhir tahun 1970an.  Rendahnya human resources, adalah tantangan bagi pembangunan di negara ini.

Menurut dua orang teman baru saya ini, di Kiribati, tidak ada kemiskinan.  Tetapi tentu saja pernyataan tersebut tidak langsung saya terima.  Menurut google, bantuan luar negri, adalah termasuk salah satu sumber pendapatan negara ini.  Jika mereka bukan negara miskin, tidak mungkin mereka menerima sumbangan dari negara lain.  Salah seorang dari mereka menambahkan penjelasan lebih lanjut bahwasanya Kiribati sangat kaya dengan hasil laut.  Nelayan bisa mendapatkan ikan dengan mudah dan gampang, sehingga mereka akan selalu punya makanan, atau hasil tangkapan juga bisa ditukar dengan uang.

Menjadi pegawai negri, adalah pekerjaan yang menjanjikan di Kiribati. Secara bayaran lebih dari cukup.  Ingin saya bertanya berapa gajinya sehingga saya bisa membuat perbandingan dengan gaji staf di kementrian atau departemen keuangan Indonesia, tapi karena hal tersebut tidak sopan, saya tidak jadi bertanya. Untuk sampai ke Bali, orang-orang Kiribati harus terbang dulu ke Fiji, setelah itu meneruskan penerbangan ke Australia, dan dari Australia baru melanjutkan penerbangan ke Bali.

Banyak hal yang mungkin akan saya pelajari lagi besok mengenai negara kecil tersebut.  Betapa luasnya dunia ini, banyak hal yang unik dan menarik yang bisa kita pelajari jikalau saja kita diberi kesempatan.  Sejauh ini kesan saya mengenai orang-orang Kiribati, adalah bahwa mereka tidak berbeda jauh dari kita, orang-orang Indonesia.

Leave a Reply

