Please back up your files

Rumah kontrakan teman saya baru saja kebobolan.  Dia tinggal bersama dengan dua teman lainnya.   Mereka kehilangan 2 laptop, 1 Kamera SLR, dan beberapa barang kecil lainnya. Teman saya sedih bukan hanya karena nilai laptop yang hilang, namun data yang tersimpan di laptop dan juga kamera tersebut. Dia telah berkeliling ke banyak negara, ke hampir seluruh belahan dunia di biayai dari perusahaan tempat dia bekerja.  Dia tidak digaji besar namun hal yang dia senangi dari pekerjaannya tersebut adalah kesempatan untuk bepergian. Bayangkan jikalau dia harus membiayai sendiri perjalanan tersebut.

Teman-teman dia yang lain mungkin memiliki rumah, mobil, dan banyak harta kekayaan lain yang bisa dibanggakan, sementara bagi dia hal yang bisa dibanggakan hanya kenangan foto-foto perjalanannya. Dan sekarang semua kenangan tersebut hilang. Dan kadang dikala kita sibuk, kita tidak sempat menikmati dan melihat kembali foto-foto tersebut.  Kita berharap suatu saat nanti kita akan memiliki waktu luang sehingga kita bisa mengamati foto-foto tersebut.

Belajar dari kejadian tersebut, tidak hanya foto, sering kita menyimpan banyak dokumen berharga di laptop kita.  Beberpa tahun yang lalu, konsultan yang bekerja sama dengan saya, pernah dirampok di mobilnya, dimana dia harus menyerahkan laptopnya, sedangkan banyak data penelitian dan beberapa laporan berada di laptop tersebut.  Pada saat itu dia tidak memiliki banyak waktu untuk berfikir.  Ketika si penjahat itu pergi, dia hanya bisa menangis, dan setelah itu dia menghabiskan banyak waktu untuk mengganti data yang hilang.  Tidak hanya itu, dia kecewa dengan kualitas hasil laporan dia yang tidak lagi sama, laporan dengan data yang sangat terbatas.

Atau contoh lain adalah Ariel Peter Pan.  Dia harus menjalani proses sidang yang panjang, dan ditahan karena laptop dia yang hilang menyimpan informasi, dimana seharusnya menjadi konsumsi pribadi.

Alasan itulah akhinya saya kemarin membeli external disk. Untuk size 500 GB saya dapatkan dengan harga 670 ribuan.  Hari ini saya sibuk mem-backup data saya.  Bagi anda yang masihbelum memback-up data, segeralah pertimbangkan untuk melakukannya.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s