The Color Purple

Akhir pekan ini saya menonton dua film; The Color Purple dan The Shawshank Redemtion. Jika anda bosan dengan film murahan hollywood zaman sekarang, maka dua film ini patut dipertimbangkan. Film yang juga buatan Amerika, tetapi beda generasi. Jika anda adalah penggemar Oprah, anda tentunya senang menemukan Oprah bermain di film The Color Purple. Kedua film tersebut kurang lebih memiliki nilai pembelajaran yang sama, yaitu mengenai buah dari kesabaran. Kedua tokoh di dalam film tersebut menderita di awal, tetapi di akhir cerita mereka menemukan kembali kebahagiannya. Hidup selalu memiliki dua sisi, susah dan senang.

Kebanyakan orang memiliki susah dan senang dalam porsi berimbang. Tetapi diluar kebanyakan, juga ada orang yang memiliki sisi susah dari pada senangnya. Jika anda termasuk orang yang kedua, maka jangan berkecil hati. Di dalam film The Color Purple, Tokoh utama di film tersebut berwajah jelek, dia diperlakukan kasar dan  disiksa oleh suaminya. Banyak penderitaan yang dialami oleh karakter utama film tersebut. Di dalam hidupnya dia tidak pernah berfikir menemukan kebahagian lagi, atau bisa jadi, dia sudah lupa arti dari bahagia, dia sudah lupa cara tersenyum, yang ada hanya kepahitan hidup.

Di Film The Shawshank Redemtion, Andy, tokoh utama di dalam tersebut harus menjalani hukuman atas pembunuhan istrinya yang tidak dia lakukan. Dan Kehidupan di penjara penuh dengan kekerasan. Tidak hanya patah hati karena dikhianati istri, dia juga harus mendekam di penjara untuk seumur hidupnya. Andy adalah salah satu contoh dari sedikit orang yang lebih banyak ‘apes’ dari pada ‘beruntung’.

Hidup bukanlah ilmu pasti. Tidak ada yang bisa menebak masa depan. Setiap orang bisa berusaha, namun tidak ada yang bisa mengetahui hasilnya. Apapun bisa terjadi. Dan ada harus siap itu. Tidak ada yang tidak mungkin di dalam hidup. Yang pasti, satu yang anda harus selalu ingat, seburuk apapun dan seberat apapun hidup yang anda jalani sekarang, semua itu akan berlalu. Akan ada masa dimana anda akan kembali bisa tersenyum. Akan ada masa dimana hati anda akan kembali berbunga. Asal, jangan pernah kehilangan harapan. Tanpa harapan, maka orang akan mati. Keberuntungan, nasib, suratan, adalah bagian dari hidup. Hal yang tidak dapat kita mengerti, dan kadang tidak dapat dihindari. Namun meskipun demikian, usaha tetap diperlukan. Jikalau anda menginginkan atau mengimpikan sesuatu, maka anda harus bekerja keras mencapainya. Anda boleh gagal, anda boleh jatuh ribuan kali, namun jika anda yakin bahwa anda akan mencapainya, maka, apa yang anda impikan akan anda dapatkan.

Jikalau saya melihat kebelakang, saya akan mengatakan kalau saya sudah menjalani banyak kegagalan dalam hidup. Tetapi  saya juga berhasil mendapatkan apa yang saya impikan. Saya jatuh bangun. Saya menangis darah. Saya iri dengan orang yang mendapatkan banyak hal dengan mudah tanpa harus mengalami ribuan kegagalan. Namun disisi lain, saya juga bangga, bahwa kegagalan dan penderitaan hidup mengajarkan saya banyak hal. Dua film diatas, dapat menghibur anda, dan juga dapat menjadi bahan refleksi bagi kita.

Leave a Reply

