Be the Best as You Can be

Perjalanan baru saya dimulai kembali.  Garis start-nya adalah Jakarta.  Jakarta, daerah ibukota Indonesia yang sedang berkembang.  Berkembang dengan pesat.  Apa yang dicari, hampir semuanya ada. Apapun bisa didapatkan, tentu saja, jikalau ada duitnya.

Ekonomi Indonesia merangkak naik. Kemampuan daya beli warganya secara umum juga lebih baik.  Kemudahan transaksi dengan kartu kredit, meski beresiko, telah membuat orang bisa memperoleh barang-barang yang mereka dambakan dengan mudah, mereka tidak perlu menunggu lama. Rumah bisa di kredit, mobil, motor, hp, hampir semua barang bisa di kredit, dan bunganya, jangan khawatir, bunganya hanya nol persen.  Tetapi tidak semua orang bisa dengan bijak mengatur keuangannya, kadang, pengeluaran lebih besar dari penghasilan.

Kemudahan, kemewahan, fasilitas, semua hal tersebut tidaklah gratis. Untuk bisa mempertahankan fasilitas dan kenyamanan tersebut, orang-orang diharuskan untuk bekerja keras.  Hanya dengan bekerjakeras uang akan terus mengalir di rekening tabungan. Tanpa bekerja, tidak ada uang. Dan berbicara mengenai dunia kerja, setiap harinya segala sesuatu semakin kompetitif.  Semakin tinggi anda dibayar, juga semakin tinggi tanggung jawab. Tak jarang, banyak pekerja, tidak memiliki cukup tidur. Pekerja atau pegawai harus berpacu dengan waktu. 

Setiap tahun, generasi pencari kerja baru menamatkan pendidikannya dari berbagai universitas. Tidak hanya universitas di Indonesia, namun juga dari luar negri. Jumlah orang Indonesia lulusan luar negri juga bertambah, sebut saja dari negri yang terdekat, Malaysia, Singapura, Filipina, dan India.  Trus tak kalah banyak jumlahnya,  lulusan-lulusan dari universitas di negara maju seperti dari Australia, Inggris, Belanda, German, Amerika, dan banyak lainnya.

Sekarang bayangkan jikalau anda harus berkompetisi dengan pencari-pencarai kerja terbaik Indonesia.  Tidak hanya itu, globalisasi tak jarang juga menuntut anda untuk berkompetisi global. Tidak hanya kemampuan bahasa yang dibutuhkan, namun juga kemampuan untuk terus update akan tekhnologi dan juga wawasan terhadap budaya Internasional.

Salah seorang teman baik saya, yang bekerja disalah satu kedutaan asing di Indonesia, dengan gaji yang besar, penulis buku, dan juga aktif berpartai politik, mengatakan, untuk menjadi sukses sangat gampang, “Dalam hal apapun yang kita lakukan, jadilah yang terbaik. Berikanlah yang terbaik. Hanya orang-orang yang bekerja untuk kesempurnaan bisa memperoleh keberhasilan yang gemilang”

 

Jakarta, 26 Mei 2012

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s