Where to Go in Biak

Biak adalah salah satu kota besar di Papua. Selain itu pantai di Biak juga terkenal akan keindahannya. Menurut beberapa referensi yang saya baca, pantai di Biak adalah pantai nomor dua tercantik setelah Raja Ampat.
Biak adalah kepulauan yang artinya Biak dikelilingi oleh pantai dan laut. Menurut teman saya, disudut pantai manapun Biak akan terlihat bagus. Pantai di biak adalah laut biru bergradasi (biru tua, biru muda, dan hijau) dengan air jernih sehingga karang-karang dibawah terlihat dengan jelas. Hal menarik lainnya adalah dengan ombak yang tenang, banyak bibir pantai di biak seperti kolam renang, dengan air yang tidak dalam.
Bandar udara di Biak termasuk bandar udara besar, dan disinggahi oleh banyak maskapai penerbangan, termasuk maskapai kebanggaan Indonesia, Garuda. Ongkos pesawat dengan Garuda dari Jayapura ke Biak berkisar 900 ribuan.
Jikalau suatu saat anda terdampar di Biak, maka untuk penginapan yang tidak jauh dari bandara anda bisa mencoba Intsia Beach Hotel (0981- 21891). Hotel ini berlokasi di dekat laut, tidak jauh dari pelabuhan kapal-kapal penangkap ikan. Biaya menginap di hotel ini relatif murah. Saya menginap di kamar deluxe di harga 350 ribu. Hal yang menarik dari hotel ini adalah mereka menyediakan sarapan, makan siang, dan makan malam. Saya sudah menginap di banyak hotel namun belum pernah menemukan hotel yang menyediakan makan gratis dari pagi hingga malam. Bahkan ketika saya memesan kopi, kopi tersebut juga gratis. Menu makanan sederhana, namun lengkap- nasi beserta sayuran. Pelayanan hotel juga ramah.
Jika anda tidak memiliki banyak waktu namun ingin merasakan keindahan pantai di Biak maka anda bisa mengunjungi pantai Mokmer dan Bosnik, di Biak timur. Mokmer dan Bosnik berdekatan dan searah. Jarak tempuhnya dari bandara dengan sepeda motor (ojek) adalah sekitar 1 jam kecepatan sedang. Untuk ongkos ojek satu kali jalan 20,000 atau untuk kedua lokasi tersebut plus muter-muter sekitar 50,000. Sebelum pantai di sebelah kiri, ada taman anggrek dan burung yang juga menarik untuk di kunjungi. Biaya masuk ke taman burung tersebut adalah 5,000. Di taman burung tersebut anda bisa melihat koleksi burung seperti kakak tua, kasuari, beo, cendrawasih, dan lain-lain.

Biak, 27 Juni 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s