Keep Looking

Pernahkah anda merasa kalau anda berada di tempat dan waktu yang salah? Dan apakah anda percaya kalau anda akan menemukan tempat di dunia ini dimana anda akan merasa diterima, cocok, dan bahagia? Apakah tempat tersebut ada? Pernahkan anda mencarinya?

Jikalau belum, maka saya menganjurkan anda untuk mencarinya. Jawabannya adalah tempat yang sesuai dengan impian anda itu memang ada. Hanya saja anda belum mengetahui keberadaan tempat tersebut, oleh karena itu anda harus terus mencarinya, jangan pernah menyerah, dan yakinlah akan mimpi anda.

Orang-orang disekeliling anda mungkin akan meminta anda untuk berhenti mencari.  Mereka akan bilang kalau tempat tersebut tidak pernah ada. Mereka akan bilang kalau yang salah adalah diri anda karena anda tidak mau menerima kenyataan hidup.  Mereka akan bilang kalau anda tidak bersyukur, anda bermimpi, dan anda hanya akan menyiksa diri anda sendiri.  Namun sesungguhnya mereka salah. Tempat impian anda itu ada.  Tempat dimana anda disekelilingi oleh orang-orang yang membuat anda nyaman.  Tempat yang bisa membuat anda tertawa.  Tempat yang sesuai dengan yang anda bayangkan selama ini, apapun gambaran mengenai tempat ideal yang ada dikepala anda saat ini, ketahuilah kalau tempat itu ada.

Jikalau anda terlahir dari seorang keluarga dokter. Dan anda dikelilingi oleh tetangga, teman, saudara, yang semuanya juga dokter, tetapi anda tidak pernah merasa bagian dari keluarga ini. Anda tidak menginginkan menjadi seorang dokter. Anda memimpikan suasana dimana anda bisa bergaul dengan seniman, melukis, mengadakan pameran.  Namun anda tidak pernah tahu dimana anda bisa menemukan komunitas tersebut.  Dunia anda mengatakan kalau menjadi dokterlah pilihan hidup terbaik.  Menjadi seniman adalah kesalahan, tidak memiliki masa depan.  Namun bagaimana anda mengetahuinya, jikalau anda tidak pernah mempunya keberanian untuk membuktikannya.  Kenapa takut untuk mencoba?

Anda mungkin memilih untuk tetap menjadi dokter karena itulah dunia yang anda kenal. Tetapi di dalam hati anda terus bertanya bagaimana rasanya jikalau anda hidup di dunia seberang, dunia seniman. Anda penasaran. Hidup anda sebagai dokter, meski dengan materi yang cukup, namun anda tidak merasa bahagia.

Jangan pernah takut untuk melangkah dan membuat pilihan. Tidak ada baik buruk dalam sebuah pilihan. Anda mungkin membuat pilihan yang tepat, namun adakalanya kalau pilihan anda salah, dan tidak pernah ada kata terlambat untuk memperbaikinya.  Hidup itu bukan hitam dan putih.  Hidup itu penuh warna dan juga penuh dengan pilihan.  Jelajahi, cari, dan temukan dunia yang anda impikan. Think out of the box.  Cari dan teruslah cari. Anda akan menemukan dunia impian anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s