Aksen Bahasa Inggris

Logat Skotlandia.  Banyak orang yang tergila-gila dengan logat ini. Bagaimana dengan anda, apakah anda adalah salah satunya?

Bagi anda yang sedang belajar bahasa Inggris, umumnya anda juga akan terkesima ketika mendengarkan percakapan bahasa Inggris dalam logat Skotlandia. Apa istimewanya logat tersebut? Jangan tanya saya, karena saya tidak tahu.

Saya sendiri secara umum lebih menyukai logat Inggris dari pada logat Amerika.  Terus saya juga suka bahasa Inggris yang diucapkan bukan oleh native speaker. Misal, bahasa Inggris yang diucapkan oleh orang Perancis, Jerman, dan Belanda.  Bahasa Inggris Afrika (misal Kenya atau Uganda) juga masih asyik menurut saya. Tetapi saya tidak terlalu ngefans bahasa Inggris dengan logat India.  Hmm… bagaimana dengan anda? Anda penggemar India, acha… jangan sungkan.

Balik lagi ke logat Scotlandia. Saya memiliki teman bernama Samantha, setiap memperkenalkan diri dia selalu bilang “Hi, saya dari Scotlandia”.  Hingga sekarang saya masih kepikiran, emang Skotlandia itu negara sendiri apa? Bukankah secara kewarganegaraan dia itu Inggris? Orangnya suka ngobrol, dia bisa terus menyorocos tanpa memberikan kesempatan bagi lawan bicaranya untuk berkata.  Percayalah jikalau anda memiliki teman seperti teman saya ini, anda akan melupakan kalau dia memiliki akses terindah di Dunia.

Saya sendiri malah suka bahasa Inggris orang-orang dari negara Irlandia. Anda mengkaitkannya dengan Westlife? Benar, saya fans-nya Westlife, atau tepatnya pernah menjadi fans. Namun bukan itu alasannya.  Bagi saya logat bahasa Inggris orang Irlandia tersebut keren.  Lebih keren dari logat Scotlandia.  Negara Irlandia menggunakan bahasa Inggris, namun mereka juga memiliki bahasa lokal. Bahasa yang hingga sekarang masih mereka banggakan. Mereka pernah di jajah inggris dan itulah yang membuat bahasa mereka hilang. Menurut teman saya Shelly, banyak generasi dia (usia 30an) yang belajar bahasa asli Irlandia, gaelic.  Kalau tidak salah dia juga bilang kalau bahasa ini diajarkan disekolah.  Bagi anda yang pernah tinggal di Irlandia, mungkin anda bisa memberikan komen akan akses orang Irlandia. Aksen mana yang anda suka? Aksen Cinta Laura juga keren, ngomong2 aksennya dia aksen negara apa ya?

Jikalau anda jurusan bahasa, mungkin anda bisa membantu saya menjawab pertanyaan ini. Apakah mungkin Non Native speaker Bahasa Inggris bisa berbicara seperti halnya native speaker termasuk dalam hal logat?

One thought on “Aksen Bahasa Inggris

  1. temen anda samantha benar, dia orang scotlandia bukan Inggris. Karena Inggris Raya terdiri dari 4 negara yaitu Inggris, Scottlandia, Wales dan Irlandia Utara. masing2 punya pemerintahan sendiri. Saya jg tahu dari temen saya orang scotlandia dan wales. hehehe.

Leave a Reply

