Pusat Makanan di Biak

Sudah beberapa bulan ini saya bertugas di Papua.  Dan selama itu, saya sudah bepergian ke beberapa kota.  Salah satu kota yang sering saya kunjungi adalah Biak.  Biak termasuk kota besar di Papua. Bandara Biak cukup sibuk.  Hampir semua maskapai akan berhenti di Biak.

Namun meski banyak orang yang datang dan pergi, diluar dugaan saya banyak petugas bandara dan porter di Bandara Biak yang kenal dengan saya.  Bahkan pagi ini ada yang menyebutkan nama saya. Beberapa orang lainnya biasanya akan menyapa; halo ibu, mau pergi lagi. Atau kakak, Selamat Datang kembali ke Biak. Mereka menyapa dengan ramah.

Pengalaman ini tidak pernah saya temui di bandara lain di Indonesia. Mungkin karena karena Bandara di Biak relatif kecil dari pada bandara-banadara lain yang pernah saya temui. Bisa juga karena warga biak memang ramah. Atau bisa juga mereka jarang menemukan seorang perempuan dengan intensitas travel yang tinggi, dan bepergian sendiri.  Di Papua, umumnya, jikalau ada orang yang sering bepergian pastinya pejabat yang menjadi pimpinan suatu departemen atau daerah, dan pastinya mereka semua laki-laki.

Bagi saya Biak adalah kota transit. Saya tidak pernah tinggal lama. Bagaimanapun karena saya sering berkunjung, saya sudah mulai mengenai Biak.  Semalam saya menemukan pusat penjual makanan malam hari, deretan warung dan warung tenda yang menjual berbagai macam makanan, mie, bakso, lalapan ayam, bebek goreng, dan banyak lainnya. Nama tempat tersebut adalah Sabang.  Tempat tersebut bisa dicapai dengan berjalan kaki ke arah kiri ketika keluar dari Hadi Supermarket. Hanya sekitar 20 langkah, segera menyebrang, masuk ke belokan pertama di sebrang jalan, dan pusat penjual makanan hanya beberapa langkah dari jalan tersebut.

Biak, 21/11/2012

Leave a Reply

