Koneksi Internet di Pedalaman

Kita sekarang hidup di era teknologi. Internet sudah menjadi kebutuhan hidup dan tanpanya kita menjadi lumpuh.  Terus bagaimana jikalau anda ditempatkan di daerah yang sangat terpencil dan jauh dari semua kemudahan tekhnologi modern.

Jikalau anda tinggal di Jakarta mungkin anda sudah mengenal First Media.  First Media selain menyediakan layanan TV kabel juga menyediakan layanan Internet. Bahkan TV kabel digabungkan dengan Internet harga paket tetap murah terjangkau. Layanan terkenal lainnya tentunya Speedy.  Layanan paket Internet dari telkom ini cukup realible. Syukurlah telkom bangkit dari kematiannya.  Banyak lagi perusahaan swasta dengan harga kompetitif yang bisa menyediakan paket layanan Internet broadband dengan kecepatan tinggi.

Hampir setiap café, restaurant memberikan layanan Wifi gratis. Blackberry anda, modem Internet, dan smartphone lainnya akan bekerja dengan kecepatan yang cukup memuaskan.

Tetapi jangan harap jikalau anda berada dipedalaman Papua anda akan mendapatkan semua fasilitas itu. Bayangkan jikalau semua yang disebutkan diatas tidak tersedia.  Anda akan menjadi seperti saya frustrated!

Saat ini saya tinggal disebuah Ibu Kota kecamatan di Papua, untungnya ada kantor telkom. Saya mencoba daftar untuk paket Internet Speedy tetapi saya masih di waiting list. Dari sekian paket Spedy yang ada, yang tersedia dikecamatan itu hanya satu, pakat 10-15 jaman. Kata salah satu toko komputer langganan saya yang menggunakan paket itu bilang kalau layanannya mengecewakan.

Internet satellite? Mahal, dan saya belum punya informasi penyedia layanan di Indonesia.  Jikalau anda kebetulan membaca artikel ini, dan pernah tinggal di daerah tertinggal dan menemukan solusi atas kebutuhan koneksi Internet anda, saya akan senang jikalau anda bisa berbagi pengalaman.

One thought on “Koneksi Internet di Pedalaman

  1. Terimakasih buat sharingnya, tapi ane sendiri mengalami hal yang sama seperti agan😀 ingin mencari info seputar layananan internet yang bisa menjangkau di pelosok-pelosok pedesaan. Karena ane sendiri sebentar lagi bakal pulkam dan menetap entah sampai berapa lama.

    #Curhat: Tujuan saya sendiri ingin menujukan internet bagi warga desa ditempat ane biar melek IT biar gak ketinggalan dengan desa2 yang ada dijawa yang sebagian sudah melek IT. Selain bisa menambah wawasan bagi masyarakat desa #updateberita, internet juga tetap menghubungkan ane dengan teman2 ane yang jauh dengan biaya lebih murah.

    Sama, pemasangan internet seperti speedy di kota Tobelo, sama seperti agan rasakan, ane hanya dilist karena kurangnya konsumen speedy mungkin. Jalan satu-stunya adalah pemasangan internet satellite, yah! satellite gan, ane pernah dengar dari temen ane kalau pemasangan internet satellite itu biaya pemasangan(baru alat) nyampek 15 juta, itupun belum termasuk installasi dan belum bulannya nyampek 3 juta.. (512kbps/bulan)

    yang bisa menjangkau dipedalaman emang cuman itu internet satellite, biasanya dari VSAT, biasanya yg pasang itu perbankkan, tambang, dll..

Leave a Reply

