Penerbangan di Papua

IMG_5373Bagi anda yang tinggal di daerah yang terpencil tentunya anda kenal dengan pesawat Susi Air.  Susi Air adalah penerbangan milik pengusaha wanita Indonesia yang membuka jalur-jalur penerbangan ke daerah pedalaman.  Hal lain yang menarik dari Susi Air adalah mereka memperkerjakan pilot-pilot asing, baik pilot laki-laki maupun pilot perempuan.

Semenjak tinggal di Papua saya terbiasa dengan pesawat susi Air. Pilotnya tidak pernah sama, satu atau dua bulan, pilotnya akan diganti dengan wajah baru, sehingga penerbangan dengan Susi Air tidak pernah membosankan.

Kali ini saya memiliki kesempatan untuk bepergian dari Biak ke Nabire menggunakan pesawat Susi Air. Jarak tempuh pesawat Susi Air dari Biak ke Nabire adalah 1 Jam. Setibanya di bandara Nabire saya dikejutkan oleh jumlah pesawat Susie Air yang ada disana, lebih dari 5 masih dibawah sepuluh, dalam kata lain cukup banyak. Ternyata Nabire adalah salah satu tempat “parkir” pesawat Susi Air. Hal ini mungkin dikarenakan karna Susi Air memiliki banyak rute penerbangan ke daerah pedalaman Nabire dan sekitar, seperti Ilaga, dan lain-lain.

Pesawat Susi Air yang saya tumpangi sempat delay 2 jam lebih. Delay yang disebabkan oleh cuaca buruk. Tak jarang dikarenakan cuaca pesawat batal mendarat. Pesawat Susi Air adalah pesawat kecil, jadi berbeda dengan Garuda, pesawat tersebut tidak akan mampu menembus hujan lebat.

Hal lain yang menarik di Bandara Nabire dibandingkan dengan Biak adalah kalau di Nabire saya melihat banyak pesawat kecil dan juga helikopter.  Di Nabire juga ada pesawat MAF. Pesawat kecil yang masuk ke daerah-daerah pedalaman.

Saya berharap suatu saat saya akan memiliki kesempatan menaiki pesawat MAF dan Helikopter ke daerah pedalaman Papua.  Hal itu adalah salah satu keinginan saya ketika memutuskan datang ke Papua.

Penerbangan Susi Air dari Biak ke Nabire adalah sekitar jam 1.30 sore, sedangkan pesawat Susi Air dari Nabire ke Biak adalah jam 6 pagi.

April 2013

Leave a Reply

