Selfish-Ignorant People

Di tempat kerja, terkadang kita akan menemukan orang yang selfish dan ignorant. Orang-orang yang merasa diri mereka paling benar dan paling tahu.  Saat ini saya tengah menghadapi orang-orang seperti itu.

Sering emosi terpancing namun sebisa mungkin saya bersabar.  Sering dia meminta dokumen yang padahal dokumen tersebut pernah saya serahkan/kirimkan. Jikalaupun terbukti dia lupa, salah, atau keliru, tidak pernah satu kali kata maafpun yang terucap. Jikalau ada hal yang salah, dia akan selalu mengatakan kalau salah itu dikarenakan rekan-rekan kerja yang lain, bukan dirinya.

Meski berat, sering juga kita berada disituasi tidak berdaya, terutama jikalau orang ini adalah orang-orang pembuat keputusan atau memiliki jabatan strategis tertentu.  Jikalau anda dihadapkan situasi tersebut mungkin tips dibwah ini dapat bermanfaat.

1. Ignore Them. Iya, baiknya orang-orang tersebut dicuekin.  Mereka akan selalu berfikir kalau diri mereka benar. Mereka tidak akan pernah mendengarkan anda karena mereka tidak mau berfikir kalau yang salah itu mereka, bahkan disituasi dimana anda benar, orang-orang selfish/ignorant tidak akan pernah mengakuinya.

2. Fokuskan energi anda pada hal lain. Tak jarang kita menjadi reaktif dan rasanya ingin menyerang balik.  Gaya ignorant, selalu benar, tak pedulian mungkin terkadang membuat anda ingin melabrak mereka.  Sebaiknya fokuskan perhatian anda kepada hal lain. Dibandingkan memikirkan orang-orang selfish/ignorant yang tentunya akan mengurus energi dan emosi, sebaiknya anda lupakan mereka, dan anda fokuskan ke hal lain.

Mengharapkan orang selfish/ignorant ini berubah adalah sia-sia. Berusaha berdebat dengan mereka juga sia-sia.  Biarkanlah mereka menjadi diri mereka. Sebaiknya anda menghindar saja dari mereka. Percuma saja jikalau anda berusaha menunjukan kalau dia yang salah, orang selfih/ignorant tidak pernah merasa kalau mereka salah.

RF, Juni 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s