Belanja Online di Amazon

Beberapa hari ini saya iseng melakukan beberapa transaksi online.  Pertama, saya membeli buku secara online.  Sebenarnya tidak tepat juga dibilang online karena pembayaran masih dilakukan dengan transfer Bank, tidak seperti pembelian tiket Garuda atau beberapa transaksi online di merchant lainnya menggunakan kartu kredit, Klik BCA atau klik Mandiri.

Saya membuka sebuah website percetakan buku, memilih beberapa judul, mengirimkan order melalui email, melakukan pembayaran melalui internet banking dan menerima kiriman buku melalui pos.  Kakak saya juga sering melakukan pembelian buku online. Kalau yang ini online benaran. Dia mempunyai beberapa toko buku online favorit. Kata dia, toko tersebut menyediakan banyak buku baru dengan harga diskon, sehingga membeli buku secara online bisa hemat waktu dan biaya.  Teman saya yang juga melakukan pembelian buku secara online pernah menemukan beberapa kendala ketika buku yang diterima tidak sesuai dengan buku yang dipesan.  Hal yang dia lakukan adalah menghubungi fihak penjual buku, buku dikirimkan kembali ke penjual dengan ongkos yang nanti di tanggung penjual, dan penjual akan mengirimkan ulang buku sesuai judul yang dipesan.  Kesalahan kadang memang terjadi, tetapi frekensinya tidak sering.

Saya suka memberikan sumbangan-sumbangan kecil untuk beberapa kegiatan charity yang bersifat Global. Misal, saya pernah menyumbang melalui google wallet mendukung salah satu CNN Freedom Project yang saya suka.  Saya juga beberapa kali menyumbang – transfer melalui paypal ke beberapa teman yang tengah melakukan proyek-proyek sosial, misal, pembuatan kursi khusus untuk orang cacat.  Selama ini, saya belum pernah mengalami kendala dengan beberapa transaksi online yang saya lakukan.

Tentu semua orang sudah kenal dengan Amazon.com. Banyak orang Indonesia yang sudah melakukan transaksi dengan Amazon. Dari beberapa hasil pencarian saya di beberapa blog, hampir tidak ada kendala berarti dalam setiap pembelian yang mereka lakukan.  Selama ini saya tidak merasa membutuhkan barang di toko Online Amazon, barang yang saya butuhkan masih bisa didapat di dalam negri. Sebenarnya harga yang dijual di Amazon lebih murah dibanding dengan harga di Indonesia, tetapi tentu saja diluar ongkos kirim, pajak, dll. Setelah semua ditambahkan, harga bisa lebih mahal dibandingkan di beli di Indonesia.

Hingga tiba juga saatnya saya untuk berbelanja di Amazon dikarenakan baterai laptop yang saya cari tidak saya temukan. Sudah banyak toko yang saya datangi dan saya telfon, tetapi mereka tidak memiliki baterai laptop yang saya cari. Ada beberapa toko menawarkan kalau mereka bisa pesan, tetapi saya harus menunggu paling cepat selama satu bulan. Ketika saya cek di Amazon, setelah ditambah dengan ongkos kirim, harganya masih lebih murah dari harga yang ditawarkan oleh toko yang indent.  Waktu kirim katanya hanya berkisar dua minggu. So, akhirnya saya membeli lewat Amazon. Siang saya melakukan transaksi, esok harinya saya menerima informasi kalau barang saya sudah dikirimkan.  Mereka memberikan sebuah nomor, seperti nomor resi, yang bisa saya gunakan untuk melacak posisi barang yang mereka kirimkan.

Meski sejauh ini lancar, saya masih bersedih dengan biaya ongkos kirim yang saya bayarkan. Ongkos kirim lebih mahal dari pada baterai laptop yang saya pesan.

Harga baterai laptop DELL F707H: 31,75 $ (Rp 317,500), Biaya pengepakan dan pengiriman: 52 $ (Rp 520,000).  Sehingga total biaya yang saya keluarkan $ 83,75 (kurang lebih Rp. 837,500).  Dikarenakan barang dikirim oleh Tech Rover, bukan langsung dari Gudang Amazon, bisa jadi saya harus membayar bea cukai lagi di kantor pos Indonesia, well let’s see.  Perkiraannya, dua minggu dari tanggal sekarang saya akan menerima barang yang saya pesan. Nanti akan saya update lagi.

Bagaimana dengan anda, pernah melakukan pembelian dengan Amazon?

RF, 03/07/2013

 

 

 

 

Leave a Reply

