Menurunkan berat badan dalam 6 bulan

Seumur hidup,  saya tidak percaya diri karena memiliki tubuh besar, saya memiliki kelebihan berat badan. Tidak banyak, hanya berlebih sekitar 10 kg dari berat badan ideal. Berbagai cara sudah saya lakukan untuk bisa menurunkan berat badan. Mulai dari mengatur pola makan, fitnes, ikut beladiri, tidak satupun yang berhasil.  Kenapa tidak berhasil?

Olah raga dan nafsu makan meningkat

Baik beladiri, bulu tangkis, fitnes atau berenang, mengakibatkan rasa lapar yang luar biasa. Iya, saya cenderung makan seperti orang kalap atau kuli bangunan kalau sudah berolah raga.  Kebiasaan buruk ini, kebiasaan tidak bisa mengendalikan nafsu makan setelah berolah raga telah mengakibatkan berat badan saya naik.  Saya membaca kisah sukses kalau banyak orang turun berat badan karena berolah raga, hanya saja, impian tersebut tidak terjadi dalam kehidupan saya.  Akhirnya semua aktivitas olah raga saat ini saya hentikan.

Mengatur pola makan dan saya menjadi blingsatan.

Salah satu nasihat dari majalah kesehatan, jikalau ingin menurunkan berat badan maka janganlah makan diatas jam 7 malam.  Dan bagi saya hal ini adalah tantangan berat yang sering saya langgar. Malam hari makan saya justru lebih banyak.  Biasanya saya makan malam pukul 7 malam. Jam 9 malam saya akan makan snack. Jam 12 malam saya akan kembali makan snack. Snack saya diganti dengan buah?  Terdengar simpel, tetapi, lagi-lagi saya tidak bisa mengendalikan diri saya.  Jikalau saya ganti snack dengan buah-buahan, rasanya berbeda dengan memakan pastel atau risoles. Memakan buah-buahan tidak menimbulkan rasa puas dan rasa ‘tenang’ seperti yang ditimbulkan oleh snack masih atau snack gurih lezat berminyak.

Malam hari produktivitas kerja saya biasanya tinggi.  Beban kerja saya termasuk berat. Pekerjaan saya juga menuntut saya untuk terus belajar.  Untuk bisa berkonsentrasi belajar, saya harus  di suplai oleh makanan lezat, enak dan gurih, tentu saja itu bukan sayur atau buah-buahan.

Pelajaran yang dipetik

Tantangan terberat dari semua upaya menurunkan berat badan dari pengalaman saya adalah mengendalikan nafsu makan dan disiplin diri. Saya termasuk orang yang moody. Makanan adalah comfort food bagi saya. Perasaan tenang, senang dan puas setelah makan tidak bisa saya gambarkan. Jika saya lagi mondar-mandir tidak tahu harus ngapain, biasanya saya akan langsung mencari makanan.  Saya juga senang memasak, sehingga, dalam situasi apapun dan dimanapun saya pasti selalu bisa membuat makanan lezat yang memuaskan selera dan hasrat makan saya.

A wind of change

Ada pepatah mengatakan jikalau mengupayakan sesuatu dengan cara yang sama maka tidak akan pernah berhasil.  Saya bertekad mungkin saya harus merubah kebiasaan hidup saya, dan baru kemudian mengubah pola makan saya.  Jikalau didalam sejarah menurutkan berat badan, ada orang yang sukses menurunkan berat 20 , 15, 10, atau 5 kilo, maka dalam waktu 6 bulan, saya pasti bisa menurunkan berat 10 kilo.

Terdengar sangat optimis memang. Bayangkan, 10 tahun mencoba menurunkan berat badan sebanyak 10 kilo tidak pernah berhasil, sekarang saya malah bertekad untuk menurunkan berat badan 10 kilo dalam waktu 6 bulan.

6 bulan dari sekarang saya akan meng-update-nya lagi. 6 bulan dari sekarang, yaitu feb 2014, saya berharap saya bisa menuliskan artikel kalau saya sudah berhasil menurunkan berat badan 10 kilo.

Apa yang bebeda dari pendekatan dan upaya saya sebelumnya? Bedanya, saat ini saya memiliki tekat dan motivasi yang lebih tinggi. Saya percaya jikalau kita sudah memiliki tekad kuat dan kita commit dengan tekad itu maka tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia ini. Jadi senjata saya untuk 6 bulan ke depan adalah dengan mempercayai mantra bahwa “Everything is Possible”.

Bagi anda yang kebetulan membaca blog ini, dan bertekad untuk menurunkan berat badan silahkan meninggalkan comment. Dengan menuliskan target anda, saya akan bantu untuk mengingatkan anda akan target anda.  Bagi yang pernan sukses menurunkan berat badan, saya akan menghargai jikalau anda bisa meninggalkan sedikit tips sehingga saya bisa sukses seperti anda.

 

3 thoughts on “Menurunkan berat badan dalam 6 bulan

  1. senang sekali membaca artikel2 anda, touching my hearth, mari kita berlomba menurunkan berat badan, artikel lainnya tak kalah bagusnya, anda type org yg smart, alangkah senangkah senangnya jika kita bisa kenalan utk share pikiran maupun pendapat

  2. Sya ingin menurunkan berat badan 8 kilo selama ne sya sdh mencoba berbagai macam cra nampakny kurang berhasil itu membuat sya tidak semangat lagiii untuk menurunkan berat bdann dan membuat sya sangat sedih.

    • Sama mba. Saya juga tidak berhasil. Kemarin, sewaktu nulis artikel ini, 4 bulan kemudian cukup berhasil. Saya turun berat badan 4 kilo, tapi habis itu naik lagi. Ya sudah lah.

      Salam,
      RF

Leave a Reply

