Kerja sebagai Freelancer di Indonesia

Bekerja sebagai freelancer, dan bisa bekerja dari mana saja, tidak harus terkena macet, tidak harus mandi pagi, tidak harus berdesak-desak di kereta atau tidak harus berebut naik taksi.

Di saat banyak orang harus meninggalkan rumah ketika masih subuh untuk menghindari macet anda masih bisa menghabiskan waktu di tempat tidur dan masih memiliki banyak waktu menikmati secangkir kopi.

Bisa bekerja dimanapun

Tidak hanya itu, banyak freelancing job juga tidak mengharuskan anda bekerja mengikuti office hour normal. Anda dapat bekerja di Jam berapapun yang anda inginkan. Jika ide dan pikiran kreatif anda biasanya muncul di malam hari, maka anda bisa bekerja di malam hari. Jika anda lebih menyukai bekerja di pagi hari, anda juga bisa melakukannya. Trus anda juga bisa bekerja dimanapun. Anda bisa bekerja di perpustakaan, anda bisa bekerja dari coffee shop, bekerja di taman, bekerja di pantai, atau bekerja sambil camping di kaki gunung. Tentu saja dengan catatan kalau anda masih bisa mendapatkan akses listrik, internet dan telfon.

Fasilitas kerja yang lengkap

Seorang freelancer memang bisa bekerja dimanapun, tetapi mereka harus bisa di akses kapanpun. Seorang freelancer cukup menerima instruksi atau petunjuk dari telfon, sms, dan internet. Idealnya seorang freelancer juga harus memiliki peralatan bekerja lengkap. Freelancer harus memiliki akses internet yang kuat, harus memiliki printer dan scanner. Mungkin mesin fax sudah tidak harus karena sudah mulai ditinggalkan. Seorang freelancer juga harus memiliki smartphone yang bisa dihubungi dengan bbm dan juga what’s up.

Banyak kontrak kerja saat ini dikirimkan via email, dan freelancer bisa mem-print kontrak kerja tersebut, yang kemudian di tandatangan, di scan dan dikirimkan kembali via email. Biasanya kontrak asli akan di susulkan via JNE/Tiki atau pos.   Di beberapa kantor, mereka menerima e-signature. dan kontrak yang di tandatangan cukup versi elektronik, karena dengan ini mereka juga hemat kertas, sehingga mereka ikut menjaga lingkungan.

Kesepian

Jika anda menyenangi bertemu dengan banyak orang, ngobrol, dan bersosialisai maka mungkin freelancer bukan pekerjaan yang cocok untuk anda. Pekerjaan freelancer bisa sangat lonely. Terutama jika anda tinggal sendirian.   Anda memang memiliki waktu yang sangat fleksibel, tetapi sayangnya teman-teman anda tidak. Mereka sibuk dan terikat jam kantor. Memang anda bisa pergi ke mall dan melakukan hobby anda menyenangkan, tetapi tentunya hal itu akan lebih menyenangkan jika anda bepergian dengan teman, keluarga dan orang terdekat anda.

Sayangnya mereka tidak bebas seperti anda. mereka masih orang normal yang terikat dengan segala kewajiban normatif.   Tetapi tentunya hal ini tidak masalah jika dari awal anda memang tipikal penyendiri. Jika anda menyukai melakukan kegiatan secara sendiri maka freelancer adalah pekerjaan yang cocok untuk anda.

Bekerja dengan tim lebih baik

Bekerja sebagai freelancer umumnya tidak mengharuskan anda untuk bekerja dengan orang lain. Anda cukup bekerja sendiri. Tetapi juga ada pekerjaan freelancer yang mengharuskan anda bekerja dengan tim yang lain. Biasanya koordinasi dilakukan lewat what’s up, sms, email dan conference. Anda bisa mengirimkan file lewat google drive atau dropbox.   Jika anda bekerja sebagai freelancer tetapi bekerja dengan tim, ini akan lebih mudah bagi anda yang senang bertemu dengan orang. Bekerja dengan tim, meski anda tidak bertemu secara fisik, tetapi anda masih bisa ngobrol dan bertukar fikiran. Biasanya akan ada waktu bagi tim untuk bertemu secara langsung, ketemu face to face untuk berkoordinasi.   Bekerja dengan tim juga memungkinkan kita untuk saling belajar dari rekan kita yang lain. Karena umumnya pekerja freelancer mobile, mereka bertemu dengan banyak orang dan juga update dengan berbagai tekhnologi komunikasi maka wawasan dan ilmu freelancer agak diatas rata-rata.   Ketika bertemu, freelancer akan saling update. Tidak hanya mengenai pengetahuan teknis spesifik yang menjadi expertise dari freelancer tetapi juga hal-hal seperti hotel apa yang punya paket meeting paling bagus, restoran apa yang memiliki paket meeting dengan makanan enak dan harga kompetitif.

Menambah banyak teman dan memiliki banyak kenalan

Meski diatas Saya sempat menyebutkan kalau bekerja sebagai freelancer bisa menjadi lonely, tetapi disisi yang lain anda juga akan menambah banyak teman dan kenalan. Sebagai freelancer anda tidak hanya bekerja di satu kantor dan bertemu dengan orang yang sama. Jika anda mengorganise suatu event, biasanya anda akan membutuhkan bantuan, seorang freelancer akan terhubung ke freelancer yang lain. Dan juga sudah menjadi kode etik tidak tertulis bagi freelancer untuk saling berbagi dan juga saling tolong menolong. Anda akan memiliki jaringan pertemanan dengan freelancer yang lain, yang jika mereka tidak sibuk, mereka akan bersedia membantu pekerjaan anda. Di dalam sebuah event, freelancer akan terhubung dengan orang baru lagi, dan orang baru tersebut akan menjadi kenalan baru bahkan tidak menutup kemungkinan akan menjadi potensial klien.

Outgoing dan trust

Sebagai seorang freelancer anda tidak boleh kaku. Seorang freelancer harus memiliki pribadi outgoing, ramah, menjaga hubungan, dan berorientasi pada layanan. Anda harus siap dihubungi kapanpun. Anda harus menjaga trust yang diberikan. Dengan begitu maka order untuk anda masih akan berlanjut.   Berkompetisi secara terbuka, berusaha mendapatkan pekerjaan tanpa sebuah koneksi agak susah-susah gampang. Banyak pekerjaan yang tersedia, bahkan di beberapa situasi banyak freelancer yang kewalahan karena harus mengejar deadline. Tetapi meski demikian, ia tidak akan melempar pekerjaan tersebut kepada orang yang belum dikenal.   Freelancer hanya berbagi jika sudah ada trust. Demikian juga dengan employer freelancer, banyak yang memberikan pekerjaan hanya karena mereka sudah pernah memiliki hubungan profesional sebelumnya, atau freelancer tersebut di refer oleh seorang kawan.

Demikian dulu penjelasan singkat Saya mengenai freelancer. Saya sendiri juga sudah bertransformasi menjadi seorang freelancer, dan rasanya menyenangkan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s