Ketika Jarak tidak lagi masalah (teknologi informasi)

Apa yang saya ceritakan bagi beberapa orang mungkin menarik, dan mungkin sebagian dari Anda menganggap hal tersebut biasa.

Saya mendapatkan sebuah pekerjaan dari sebuah lembaga kemanusian Internasional yang berkantor di Jakarta.  Pekerjaan tersebut adalah melakukan penelitian ke dua provinsi di Indonesia.  Penelitian tersebut merupakan sebuah kerja regional, ya, terkait dengan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

Lembaga tersebut telah mengembangkan beberapa tool, sejenis panduan yang bisa digunakan pada penelitian, dengan Bahasa sederhana yang mudah di mengerti.   Bagaimanapun, membaca saja tentunya tidak cukup, kami para peneliti ditawarkan untuk mengikuti pelatihan dan diskusi lebih lanjut terkait dengan toolkit tersebut.   Pelatihan ini tidak hanya melibatkan staf lembaga tersebut yang berada di Indonesia, tetapi juga melibatkan staf mereka lainnya yang tersebar di Asia tenggara.  Misalkan dari Thailand, Vietnam, Filipina, Malwebinaraysia, dan lain sebagainya.  Hampir semua peserta berasal dari Asia tenggara, sedangkan pelatihnya berasal dari Inggris.  Terus dimana kami ketemu?

Dahulu, organisasi kemanusian dan pembangunan sangat mudah menerbangkan orang, sekarang sehubungan dengan penghematan dan efisiensi dan juga dalam rangka mengurangi carbon foot print,  banyak lembaga pembangunan internasional menggunakan kemajuan teknologi, yaitu menggunakan teknologi komunikasi berbasis internet.

SKYPE

Anda mungkin sudah familiar dengan skype? Skype adalah salah satu teknologi komunikasi berbasis internet yang banyak digunakan orang, yang tidak hanya memungkinkan kita untuk mendengar suara lawan bicara kita, tetapi juga memungkinkan kita untuk melihat wajah dari lawan bicara kita.   Biaya bicara gratis, kita hanya dikenakan biaya kuota internet, tergantung dari paket internet yang kita subscribe. Tetapi sederhananya kita bisa mengatakan bahwa komunikasi dengan skype adalah GRATIS.

Satu tahun yang lalu, saya menerima sebuah pekerjaan menterjemah, pekerjaan tersebut melibatkan tim konsultan yang tinggal di Belanda.  Semua bahan yang akan di translate dikirimkan ke saya via dropbox yang linknya dikirimkan via email.

skypeTetapi ada beberapa hal yang tidak bisa dijelaskan oleh konsultan tersebut melalui email, sehingga dia meminta untuk mengobrol dengan saya via skype.   Skype membuat komunikasi kami menjadi lebih mudah, sehingga instruksi dan penjelasan lebih mudah di mengerti tanpa harus bertatap muka langsung.  Selama tugas menerjemah tersebut saya berkomunikasi dengan konsultan yang berbasis di Belanda tersebut selama beberapa kali.  Konsultan tersebut berasal dari Peru, tetapi dia sudah menetap lama di Belanda dan bekerja di sebuah perusahaan konsultan terkenal di Belanda.  Tidak hanya mengaktifkan filtur video, teknologi skype memungkinkan kita untuk menshare informasi yang ada di komputer kita.  Konsultan tersebut memperlihatkan slide power point yang ada di komputernya, dan juga langkah-langkah mengenai proses instalasi sebuah software dimana saya nantinya diminta bekerja menggunakan software tersebut.  Skype memungkinkan kita menggunakan indera visual kita.  Sehingga benar kalimat yang mengatakan bahwa jarak menjadi semakin dekat. Anda bisa berkomunikasi secara langsung dengan orang yang berada di negara manapun, semua itu berkat teknologi.

WEBINAR

Webinar memungkinkan untuk mengikuti pelatihan (atau kuliah, presentasi, dan sejenisnya) secara online, peserta bisa melihat slide power point, mendengarkan pembicara, melihat video, dan juga berinteraksi dengan pembicara dan sesama peserta yang lain. Selain menggunakan suara, bisa juga berinteraksi dengan menggunakan teks (pesan).  Tetapi jika peserta terlalu banyak, dan waktu terlalu singkat, cara ini tidak terlalu efektif.

Baik skype dan webinar, memang cukup efektif dalam menyampaikan pesan, dan biaya jauh lebih murah, jika semua peserta kegiatan harus bertemu langsung secara face to face, tetapi bagaimanapun secanggihnya teknologi, masih sulit untuk menggantikan rasa dan efektivitas ketika bertemu langsung face to face.  Ketika mengikuti webinar, biasanya akan ada peserta yang tiba-tiba koneksi terputus, atau beberapa peserta tidak bisa mendengar suara dari pembicara, dan juga tak jarang juga terdapat beberapa kendala-kendala teknis lainnya.

RF

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s