Resolusi 2016: apa resolusi anda?

Beberapa orang mungkin melakukan refleksi dan membuat resolusi tahun baru di akhir tahun 2015 kemarin.  Di awal Januari ini mungkin sudah banyak yang mulai menerapkan resolusi yang sudah di list di akhir tahun 2015.  Resolusi tahun 2016, apa resolusi Anda? Apakah Anda orang yang suka membuat resolusi setiap tahunnya, atau apakah Anda adalah orang yang membiarkan hidup apa adanya, tidak ada goal tertentu, tidak ada target.  Akankah mengurangi berat badan menjadi resolusi tahun baru Anda?

Mengurangi berat badan

Tahun ini saya tidak akan lagi menjadikan “mengurangi berat badan” sebagai solusi, saya sudah memasukan sebagai resolusi setiap tahun baru, tetapi saya tidak bisa mencapainya.  Sehingga kali ini, saya akan menghilangkannya.  Saya memiliki berat badan yang cukup sehat, hanya saja, jika saya mengurangi sedikit, saya akan menjadi lebih fit yang memungkinkan saya lebih banyak mengikuti kegiatan outdoor.   Dengan berat badan yang berkurang akan menjadikan badan menjadi lebih ringan, sehingga ketika kita melakukan trekking panjang, dan juga olah raga naik gunung kita dapat melakukannya lebih mudah.   Tetapi untuk tahun ini, hal ini tidak akan menjadi resolusi.

Hidup lebih sehat

Sebagai gantinya saya akan hidup lebih sehat. Saya tidak akan fokus pada berat, sebaliknya saya akan fokus untuk menjadi lebih sehat.  Bagaimana caranya? Dengan meningkatkan konsumsi sayuran dan buah.   Saya lebih menyukai protein (udang, ikan, ayam, dan banyak protein lainnya) dan karbohidrat (nasi, bubur, lontong, roti, bakwan, dan sejenisnya), dan tidak terlalu menyukai sayuran dan buah.  Sayuran tidak enak menurut saya.  Beberapa kali saya mencoba meningkatkan konsumsi sayuran saya, tetapi sering, sayuran yang saya beli, hanya membusuk di kulkas.  Kali ini, saya akan menyeimbangkan antara konsumsi protein, karbohidrat dengan serat (sayuran dan buah), dan saya akan berusaha mengurangi konsumsi garam dan minyak, tantangan yang terberat adalah mengurangi konsumsi GORENGAN.  Iya, siapa yang tidak menyukai gorengan.  Gorengan adalah salah satu jenis makanna yang sulit untuk ditolak.

Memiliki tubuh kuat dan fit

Tentunya Anda masih ingat ketika di sekolah belajar mengenai “Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang sehat” Selain itu, dengan tubuh kuat dan sehat, kita akan memiliki energi untuk melakukan banyak hal produktif lainnya dalam hidup.   Banyak orang menghabiskan hidupnya 8 jam bahkan lebih duduk di belakang laptop sehari.  Hidup modern sekarang menuntut lebih banyak duduk dibandingkan bergerak.  Berbeda di zaman ketika mayoritas masyarakat Indonesia masih hidup sebagai petani.  Petani lebih banyak bergerak dibandingkan duduk, hal ini, terutama jika gizi mereka cukup, akan menjadikan petani lebih sehat.  Jarangkan kita mendengar kalau petani stres? Kehidupan modern kita yang lebih banyak menguras otak dibanding otot, membuat kepala kita lekas panas, dan kita lekas stres.  Tetapi jika Anda menggerakkan anggota tubuh Anda yang lain sebagaimana halnya Anda mempush otak Anda maka Anda akan lebih bahagia, dan terhindar dari stres.  Otak kita butuh balance, dan balancenya adalah bergerak.  Banyak pilihan untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, beberapa diantaranya adalah dengan naik gunung, berenang, lari, jogging, senang, yoga, olah raga tinju, dan banyak lainnya.

Resolusi saya untuk menjaga tubuh saya kuat dan sehat adalah dengan berolahraga di gym secara teratur, minimal dua kali seminggu (Kardio dan beban), trekking dan naik gunung, dan snorkelling.

Meluangkan waktu untuk hobby

Apa hobby Anda? Anda hobby main tenis, main pingpong, renang, melukis, merajut, berkebun?

Resolusi saya tahun ini adalah meluangkan lebih banyak waktu untuk melakukan hobby saya. Saya ingin mencoba melukis lagi.  Dulu saya suka melukis, saya memiliki banyak alat lukis, tetapi sudah hampir satu tahun lebih alat lukis tersebut tidak pernah saya gunakan.  Sekarang saya akan coba melukis lagi. Saya yakin dengan mengerjakan hobby akan membuat kita lebih bersemangat menjalani hidup. Menjalankan hobby akan mendorong kreativitas kita, dan akan berpengaruh dengan produktivitas kita di tempat kerja.

Bangun pagi

Saya ingin bangun pagi, dan melakukan hal yang produktif di pagi hari, atau lebih tepatnya subuh.  Selama ini saya selalu tidur larut malam, dan bangun agak kesiangan. Tetapi tidak banyak yang bisa kita lakukan di malam hari, karena tubuh dan pikiran kita sudah capek. Jika Anda membaca buku dan blog, banyak yang menulis jikalau lebih baik bangun pagi, di pagi hari otak kita lebih mampu bekerja sama untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi.  Pekerjaan saya menuntut saya banyak membaca dan menulis, dan menemukan ide, dan menuliskan begitu banyak informasi tidaklah mudah.  Bagaimana merangkum sebuah hasil wawancara menjadi sebuah laporan merupakan salah satu kesulitan saya. Tetapi saya yakin dengan mengubah siklus dan ritme kerja maka saya akan mampu bekerja lebih optimal.

Tidak banyak yang menjadi resolusi saya.  Tetapi saya masih belum menyelesaikan list-nya.  Selain itu, bagian dari resolusi adalah kita juga harus mengembangkan indikator capaian, karena jika tidak sulit bagi kita mengukurnya.  Misal, memiliki tubuh kuat dan sehat, yang menjadi indikator adalah: 1) Berolahraga di Gym, minimal 2 kali seminggu, selama 1-1.5 Jam, 2) Naik gunung atau hiking 1-2 kali selama 2016, 3) Snorkelling 2-3 kali selama 2016

Dan jikalau bisa Anda harus memiliki checklist yang bisa di contreng atau di silang ketika yang menjadi target Anda sudah tercapai. Atau bisa juga menggunakan banyak aplikasi androids, Anda tinggal mencari yang cocok untuk Anda. Misal, aplikasi untuk mengukur kalori (dari makanan) yang kita konsumsi.

RF

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

