Masih Ragu untuk Punya Kartu Kredit?

Saya sudah memiliki kartu kredit selama 6 tahun, dan selama itu, saya tidak memiliki komplain sama sekali, selagi tagihan kita bayar tepat waktu, tidak ada yang menakutkan ddengan kartu kredit.

Dari pengalaman saya, berikut adalah beberapa manfaat yang rasakan dari memiliki kartu kredit.

Kemudahan Pembayaran

Pekerjaan saya menuntut saya sering keluar kota, dengan adanya kartu kredit, saya mendapat kemudahan ketika melakukan reservasi tiket pesawat, apakah membeli langsung dari website maskapainya, seperti Garuda, Citilink, atau Lion Air, atau membeli dari Traveloka. Saya juga dengan mudah memesan hotel lewat Agoda, dan sekarang juga sudah ada Traveloka dengan harga yang kompetitif dengan Agoda.   Ketika saya menjadi freelancer, saya merasakan besarnya manfaat kartu kredit, misal ketika klien saya masih belum mentransfer uang, dan saya harus mereservasi hotel untuk meeting, saya dapat melakukan pembayaran dengan kartu kredit terlebih dahulu, saya memiliki waktu satu bulan sebulan sebelum tagihan kartu kredit harus saya lunasi, dan selama kurang dalam satu bulan, klien saya sudah mentransfer semua kewajiban mereka. Artinya, kartu kredit dapat membantu Anda ketika Anda tidak memiliki cash, tetapi ingat, ketika tanggal jatuh tempo Anda harus membayarnya. Selama ini saya selalu melunasi tagihan saya, sehingga saya tidak pernah terkena bunga.

Pengeluaran kita terlacak

Selain transaksi yang berjumlah besar, saya juga menggunakan kartu kredit hampir di setiap transaksi, apapun yang menerima kartu kredit, saya akan memilih untuk melakukan pembayaran dengan kartu kredit, kecuali di tempat tertentu, misal ketika nilai belanja saya dibawah seratus ribu, barulah saya menggunakan kartu debit, karena di bawah seratus ribu di beberapa tempat tidak melayani transaksi dengan kartu kredit. Dengan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, kita dapat melacak pengeluaran kita. Setiap bulan bank mengirimkan tagihan kartu kredit saya lewat email, sehingga, kurang lebih saya memiliki catatan pengeluaran yang menggunakan kartu kredit selama 6 tahun terakhir.   Enam tahun lalu, saya merasakan penggunaan kartu kredit masih terbatas, karena belum banyak merchant yang memberlakukan transaksi Online, tetapi saat ini, apalagi dengan booming-nya belanja Online, manfaat memiliki kartu kredit semakin terasa.

Diskon kartu kredit

Diskon dan beberapa fasilitas gratis lainnya adalah salah satu keuntungan kartu kredit. Kemarin saya membeli Sunglass di optik Melawai. Melawai lagi memiliki promo, setiap pembelian sunglass akan mendapatkan diskon dalam bentuk voucher sekitar 20% hingga maksimal 25%.  Saya membeli sebuah sunglass merek Smarty seharga hampir 800an, ketika saya membayar menggunakan kartu kredit Mandiri, petugas optik tersebut mengatakan kalau optik Melawai tengah memiliki kerja sama dengan Kartu Kredit Mandiri, sehingga saya bisa mendapatkan diskon lebih besar. Petugas tersebut memeriksa mengenai ketentuan diskon mereka, dan dikarenakan kartu kredit mandiri saya, saya mendapatkan diskon 45%.   Diskon tersebut lumayan besar, saya bisa hemat sekitar 340,000 rupiah. Bayangkan?

Manfaat lain tentu saja fasilitas ruang tunggu (lounge) gratis di Bandara, yang jika kita harus membayar, maka kita harus mengeluarkan uang sekitar 100 ribuan, tetapi dengan kartu kredit, saya bisa mendapatkan fasilitas gratis.   Lounge gratis di bandara artinya sama dengan makan dan minum gratis sepuasnya, sofa empuk, wifi gratis, dan banyak manfaat lainnya.

Ketika saya membeli buku di Gramedia, atau ketika belanja di Ace Hardware, dan beberapa tempat lainnya, saya sering ditawarkan apakah mau menukarkan poin kartu kredit saya, yang dikonversi menjadi sejumlah uang tertentu, sehingga jumlah yang saya bayarkan adalah jumlah tagihan dikurangi jumlah uang konversi dari poin kartu kredit, diskon ini jumlahnya lumayan, dan menurut saya cukup signifikan.   Hal lain, misal diskon 3 bulan membership di Gym. Beberapa bulan lalu, saya mendapatkan diskon ini, masih dari kartu kredit mandiri, dengan adanya diskon ini, saya bisa berhemat sekitar 1.9 juta.   1.9 Juta bukan uang yang sedikit.

Cicilan nol persen

Pagi tadi saya memesan tiket ke Kalimantan langsung dari website Garuda, dan saya surprise ketika memilih pembayaran menggunakan kartu kredit ada fasilitas cicilan, 3,6 hingga 12 bulan dari Bank BNI dan Bank Mandiri. Untuk cicilan dengan kurun waktu 3 bulan, bunga cicilan adalah nol persen. Selama ini saya banyak menerima manfaat dari fasilitas cicilan nol persen ini, misal ketika membeli laptop, ipod, dan bahkan handphone saya memanfaatkan fasilitas cicilan nol persen. Ketika tidak ada bunga, menurut saya tidak ada salahnya memanfaatkan fasilitas cicilan, dan malah kita diuntungkan, terutama ketika kita sedang menginginkan mendapatkan barang tertentu, dan uang tunai kita kurang, maka kartu kredit bisa menjadi solusi menjawab masalah tersebut.

Sekian sedikit pengalaman saya selama menggunakan kartu kredit. Intinya, asal Anda selalu membayar tagihan tepat waktu, dan tidak menjadikan kartu kredit sebagai tempat berhutang, maka percayalah Anda akan merasakan banyak manfaat dengan memiliki kartu kredit tersebut. Jika Anda masih ragu, dan sedang mempertimbangkan apakah apply kartu kredit atau tidak, saya berharap cerita singkat saya diatas dapat membantu Anda untuk membuat keputusan.

 

Leave a Reply

